Galodo Manganti

Sungai Batang Manganti Meluap karena derasnya hujan


Sijunjung, canangnews.com_Kamis 14/12/2023 bencana banjir menimpa sebagian besar Nagari Manganti. Berdasarkan info yang disampaikan Wali Nagari Mangati Darul Fauzi, S.Sos karena hujan lebat semalam hingga sampai pagi tak kunjung juga reda kondisi itu membuat air mulai meluap diperkirakan sekitar jam 2 dini hari.


Derasnya air terlihat dari jembatan Batang Manganti


Luapan air bersumber dari Sungai Batang Manganti, dari kejadian tersebut menimbulkan beberapa dampak, 8 rumah, satu fasum pustu kebanjiran, sawah masyarakat, dan jalan raya. Diperkirakan dampak kejadian ini warga mengalami kerugian seperti kerusakan rumah, dan kehilangan sebagian isi rumah seperti pakaian, dan peralatan rumah lainnya.


Luapan air sampai ke jalan Raya Nagari Manganti


Desember orang dulu bilang bulan ember artinya bulan menampung air dengan ember, musim hujan begitulah kra-kira, bagi masyarakat yang berdomisili di sekitaran sungai, bandar, kali atau di daratan rendah agar berhati-hati dan tetap waspada karena bisa saja  ini menimpa kita untuk itu perlu kiranya meninggikan alat-alat elektronik agar tidak terendam air atau terbawa derasnya arus air.


Rumah warga digenangi air dan lumpur 


Air, kecil dia jadi teman kita namun ketika dia sudah dalam jumlah yang besar maka dia bisa jadi lawan, begitu juga dengan api jadi penerang, penghangat badan namun saat dia besar dia jadi lawan. Maka tetaplah waspada dengan api, air, angin dan tanah. Semua ada manfaat namun terkadang ia membawa mudarat dan malapetaka bagi kita. Mari bersahabat dengan alam agar dia tak mencelakan kita.


Membuat sebagian badan jalan dipenuhi lumpur

Sekian info untuk hari ini,  terima kasih telah membaca semoga bermanfaat 


(PardiS_Anak Amak)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama