Event Akbar Pedati Xlll Segera Dihelat, Kolaborasi Untuk Bukittinggi Hebat dan Indonesia Maju

 

Event PEDATI XIII Tahun 2023


BUKITTINGGI, Canangnews- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi akan segera menggelar Event PEDATI, yang direncanakan pada tanggal 9 hingga 21 Desember 2023.


Gelaran Pesta Budaya Seni Dagang dan Industri (PEDATI) Xlll sebagai ajangnya promosi kepariwisataan, program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah yang melibatkan segala stakeholder, seni dan pelaku UMKM di Kota Bukittinggi.


Event tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan dengan leading sektor nya Dinas Pariwisata Bukittinggi, hal ini sebagai wujud implementasi dari agenda strategi untuk meningkatkan Pariwisata dan UMKM dari berbagai daerah di Sumatera Barat.


Kegiatan Pedati Xlll kali ini menggelontorkan Anggaran APBD sebesar Rp. 2,5 miliar, dengan mengangkat tema "Kolaborasi Untuk Bukittinggi Hebat Dan Indonesia Maju".


Event kegiatan Pedati Xlll merupakan sarana promosi wisata, mempunyai daya tarik yang tinggi karena menggelar keanekaragaman potensi kebudayaan dan kesenian dari berbagai etnis warga kota dan simpatisan dari daerah dan provinsi serta negara tetangga. Seperti kesenian kebudayaan Jawa, Sunda, Batak, Tionghoa dan lainnya.


Kepala Dinas Pariwisata Bukittinggi Rofie Hendria, mengatakan, kita akan melahirkan kembali semangat Pedati yang sudah di gagas oleh tokoh tokoh terbaik di Bukittinggi sebelumnya, bagaimana menghidupkan seluruh aspek aspek yang ada, Bukittinggi ini heterogen, kecil namun seluruh adat dan Budaya ada disini, dan di jadikan sebuah event dalam semangat Hari Jadi Kota Bukittinggi.


"Untuk menghidupkan kembali bagaimana bahwa Bukittinggi yang Heterogen ini bisa berkolaborasi dengan seluruh aspek masyarakat, pemerintah dan swasta," kata dia, Kamis (7/12).


Disebutkan, gelaran kali ini akan melibatkan UMKM yang ada dengan berkordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bukittinggi, dan mengakomodir stand stand Kabupaten/Kota lain se Sumatera Barat.


"Yang sudah mengkonfirmasi kehadiran saat ini dari Kabupaten Mentawai, Kota Padang, Solok dan dari luar Negri seperti Johor Malaysia dengan membawa pergelaran seni," terang Rofie.


Sementara itu Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Bukittinggi Ferdian, Amd mengharapkan, event PEDATI kali ini dapat berjalan dengan lancar seperti Pedati sebelumnya, sesuai dengan tema kita di atas, adanya kolaborasi dan kerjasama baik, bukan hanya Pemerintah tetapi termasuk unsur unsur lain termasuk media dan wisatawan.


"Dengan event PEDATI ini kita dapat menyatukan seluruh warga melalui kebudayaan, serta mempromosikan Pariwisata Bukittinggi," kata Ferdian.


Pedati Xlll juga mengadakan Minang Geopark Run yang akan di ikuti lebih dari 1400 orang peserta, dan makan bajamba di pelataran jam gadang, sebelumnya ada pawai Bundo kanduang manjunjuang Talam ke Jam Gadang.


(KH)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama