Wawako Bukittinggi Menjamu Kunjungan Syech Khalid Muhammad dari Arab Saudi

Nasrun
0

 

Dr. Khalid Muhammad beserta rombongan keluarga dari Agam disambut Wakil Walikota Marfendi, Senin (23/10/223)


Bukittinggi, Canangnews - Wakil Wali Kota Bukittinggi, H.Marfendi, menerima kunjungan Dr.Khalid Muhammad Al Bahjat bin Ahmad Khatib Al Minangkabauwi dari Jeddah Arab Saudi, di rumah dinas Wako Bukittinggi. Selasa (23/10).

Dalam kunjungan itu Syech Khalid, merupakan cicit dari  syeik Ahmad Khatib yang ternyata berasal dari Koto Tuo Balai Gurah Agam Sumatera Barat yang beristrikan wanita Arab.


Wakil Walikota, Marfendi, menyampaikan, maksud kunjungan ada point-point yang sudah disepakati bersama antara Pemerintah daerah dengan Pemerintah Arab Saudi.


"Nanti akan direncanakan dibukanya pustaka yang bernama Syekh Ahmad Khatib, dan juga ia berkeinginan membuat Perguruan Tinggi disini," ujar Wawako.


Disebutkan Wawako, bagaimana nantinya, bisa terkumpul seluruh keluarga Syekh Ahmad Khatib untuk bersilaturahmi ke Ranah Minang. Dengan mengingat history kakek Syekh Ahmad, yang dahulunya mempunyai murid yang cukup banyak di Sumatera Barat.


"Hanya bedanya, setelah murid beliau ada seperti, Syech Jamil Djambek, Karim Amarullah, Syech Jamil Jao, kurang berkembang. Ternyata di Sumatera Barat ini, banyak yang belajar dengan Syech Ahmad Khatib," ungkapnya.

H.Marfendi menjamu Syech Khalid Muhammad /foto,N


Sementara, Syech Al Khalid, menjelaskan (In English, red) , ini kunjungan yang pertamanya ke Sumatera Barat.


"Saya sangat senang bisa berkunjung kesini, bisa menemui saudara  saudari saya di Indonesia. Saya ada hubungan darah dari kakek buyut dan saudara Islam saya disini mensupportnya," ucapnya.


Menurutnya Al Khalid yang juga seorang Lawyer dan Public accountant  ini, jika ada Alim ulama besar, tidak ada salahnya generasi sekarang belajar dan bersemangat untuk meneladani keguruan Syech Ahmad Khatib Al Minangkabauwi.


"Saya sangat senang dan sangat terkesan dengan Minangkabau. Orangnya ramah, santun, dan makanannya juga enak-enak,". Insyaalah saya akan kembali lagi kesini bersama saudara saya di Arab," tutupnya.


(KH)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top