Penyandang Disabilitas Kampungbaru Kupitan Menerima Kursi Roda dan Modal Usaha

0

 


Sijunjung, CanangNews.com - Dua warga Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung, mendapat bantuan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia melalui Dirjen Rehabilitasi Sosial Sentra Mulya Jaya Jakarta.


Penyerahan bantuan kepada Habib Rafif Alfaresi dan Efendi, berlangsung di Desa setempat pada Senin (4/9). Habib Rafif Alfaresi, seorang penyandang disabilitas, menerima kursi roda khusus dan modal usaha untuk keluarganya dalam usaha perlengkapan gorengan serta bahan-bahan lainnya. Sementara itu, Efendi, yang berusia 60 tahun, suku Korong Gadang, mendapat bantuan berupa barang usaha dagang harian.


Kepala Desa Kampung Baru, Jalnibus, S.Pd.MM, mengonfirmasi berita ini melalui WhatsApp pada Senin (4/9) sore.


Kadis Sosial PP-PA Kabupaten Sijunjung, Yofritas, menjelaskan bahwa Program Atensi (Asistensi Sosial) tahun 2023 ini telah memberikan bantuan kepada 244 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Sijunjung dengan total dana sebesar Rp. 708.000.000,- (Tujuh ratus delapan juta rupiah).


Khusus  untuk Kecamatan Kupitan diberikan sebanyak 12 KPM, terdiri dari 2 KPM di Desa Kampung Baru, 1 KPM  di Nagari Pamuatan dan 9 KPM di Nagari Padang Sibusuk. Pemberian bantuan ini atas dasar Asesmen Integrasi dan Proposal dari Dinsos Kabupaten SIjunjung ke Kemensos RI, setelah itu dilaksanakan verifikasi oleh Kementerian Sosial Dirjen Rehabilitasi Sosial melalui Balai Sentra Mulya Jaya di Jakarta," jelas Yofritas.



"Kedua KPM  penerima bantuan ini, mengucapkan terimakasih atas bantuan modal usaha  yang berikan Dirjen Rehabilitasi Sosial, Sentra Mulya Jaya Jakarta ini, yang telah dapat meringankan beban ekonomi dalam  keluarga kami," katanya Jalnibus.



"Salah satu indikator Keluarga Penerima Mamfaat harus terdaftar pada Data Sidilan," lanjut Jalnibus



Suri ibunda dari Habib menuturkan, kami sangat berterima kasih atas Bantuan Kursi Roda Khusus ini.  "Jika kami yang membeli ini tidak akan sanggup sama sekali," ungkap Suri.  



Apalagi ditambah dengan peralatan membuat gorengan, kompor gas, tabung gas, kuali, bahan tepung beras selengkapnya. "Terima kasih pak Kadis dan rombongan, semoga ini semua bernilai Ibadah bagi bapak ibu, dan kami bersyukur pada Allah Yang Kuasa atas semua ini, sambil menyapukan air mata suka atas bantuan ini.



Dari wajah Habib terpancar hari dan  kesenangan yang luar biasa dengan dapat bantuan kursi roda ini, meskipun tidak bisa dia  ucapkan secara  lahir dari mulutnya,  Habib menyandang Disabilitas sejak kecilnya, ujar Jalnibus.

(TJP/ Herman)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top