Pemkab Inhu Mendukung Peran Pendidikan Pancasila Di Satuan Pendidikan Melalui Zoom Meeting

Canang Riau
0


INHU canangnews com - Bupati Indragiri Hulu diwakili Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Evi Irma Junita, SKM, M. Si mengikuti Wanibar Tentang Peran Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Penerapan Pendidikan Pancasila di Satuan Pendidikan yang di Gelar secara Zoom Meeting di Ruang Kerja Kaban Kesbangpol Kab. Inhu. Rabu(6/9/2023)


Tampak hadir juga mendampingi Staff Ahli 1, Kaban Kesbangpol, Bambang Indramawan, S. STP. MP, Kadis Kominfo, H. Arif Fadillah, SE. M. Si serta OPD terkait.


Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan, Drs. Drajat Wisnusetyawan. M. M membuka secara langsung Wabinar tentang Peran Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Penerapan Pendidikan Pancasila di Satuan Pendidikan. Sekaligus menyampaikan amanatnya, Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. 


Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila memiliki banyak Kedudukan dan Fungsi bagi bangsa Indonesia. Pada dasarnya, Pancasila dapat menjawab setiap problematika yang ada, karena Pancasila merupakan dasar falsafah negara Indonesia yang merupakan sebuah sistem nilai kebaikan universal yang bisa diterapkan dalam konteks apapun baik pada masa hari ini, besok, dan masa yang akan datang.


Pancasila selain sebagai dasar negara juga memiliki peran yang besar dalam membentuk karekter bagi penerus bangsa. Berdasarkan nilai-nilai yang ada pada pancasila apabila di terapkan maka hal ini akan memiliki dampak besar dalam upaya membentuk katakter yang cerdas kreatif dan berakhlak mulia.


Dalam dunia pendidikan nilai-nilai yang ada pada pancasila dapat diberikan dalam salah satu cara yaitu, pembelajaran dengan pendidikan pancasila upaya memiliki karakter yang ada pada pancasila. Karena pada dasarnya pancasila dasar pembentukan karakter pribadi yang cerdas dan kreatif bagi penerus bangsa kita.


Profil Pelajar Pancasila adalah salah satu program dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Profil Pelajar Pancasila merujuk pada pembentukan karakter pelajar. Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila."( Deby / Roli )

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top