Gali Potensi Siswa,NOFIK AFRIKO Kepsek SMA N 1 Siberut Utara Terapkan Program Literasi Di Sekolah

Sikabaluna
0


NOFIK AFRIKO S.PdI.M.M,Kepala Sekolah SMA N 1 Siberut Utara diruang kerja.
Foto:Istimewa 

Sikabaluan Canangnews,Kepala SMAN 1 Siberut Utara yang baru, gali potensi siswa lewat Literasi sekolah yang menyangkut pribadi setiap anggota.

Program Literasi yang diterapkan oleh Kepala sekolah yang baru tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu setiap siswa serta melatih kemampuan seseorang dalam memanfaatkan teknologi dengan mengandalkan kreatifitas masing -masingnya sehingga dapat menumbuhkan bibit-bibit unggul.

NOFIK AFRIKO S.PdI.M.M,Kepala Sekolah SMAN 1 Siberut Utara mengatakan,Kegiatan yang kita laksanakan selama ini berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan  Pusat sehingga Program Literasi sangat berkaitan dengan kegiatan sekolah saat ini 

"Seperti halnya pada Hari Senin wajib dilaksanakan upacara bendera merah putih,dilanjut dengan hari Selasa literasi Digital yang mana siswa dibantu oleh wali kelasnya untuk membuat Vidio berdasarkan tema yang ditetapkan oleh sekolah dan akan dinilai pada akhir bulan"ungkapnya kepada Canangnews saat dimintai keterangan di ruang kerjanya Rabu 02/08/23.

Sementara pada hari Rabu kata Afriko, siswa bersama dengan wali kelasnya menampilkan bakat didepan semua orang secara bergiliran dengan tujuan untuk menggali potensi siswa yang selama ini tidak tersalurkan untuk dapat berkembang,ujarnya.

Dan pada hari kamis,seluruh siswa diwajibkan  membaca buku di perpustakaan dan diminta untuk mengambil intisari dari buku yang dibaca untuk disalin ulang dalam sebuah jurnal sehingga siswa tetap dapat menimba ilmu meski dengan cara santai,jelasnya. 


Dikatakannya, Literasi yang sudah berjalan dua bulan ini memang belum menampakkan hasil karena masih memulai namun dari kegiatan tersebut dirinya dapat menjamin tahun depan akan muncul bibit calon peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) Olimpiade Olahraga Siswa Nasional  (O2sn) yang membawa harum nama sekolah.

"Untuk  saat ini belum ada nampak bibit unggul namun tahun depan kita dapat pastikan SMAN 1 Siberut Utara dapat melahirkan peserta unggul yang siap berkompetisi di tingkat Kabupaten kota" jelasnya.

Menurut dia apel yang dilaksanakan setiap saat tentunya membuat siswa dan guru-guru menjadi jenuh sehingga diambil langkah untuk menerapkan program Literasi yang nantinya akan bermanfaat baik terhadap siswa dan sekolah,ujarnya 

Disamping itu Nofik juga sedang mempersiapkan siswa terbaik sebanyak 6 orang dari setiap lokal yang nantinya akan disaring ulang untuk dapat mengikuti kompetisi berbagai olimpiade.

Dirinya berharap siswa dapat memanfaatkan baik jaringan 4G karena Sikabaluan kaya akan jaringan sehingga program terbaru sangat bagus untuk dilakukan di sekolah SMAN 1 Siberut Utara ini.

Sementara untuk dapat mengatasi keterbatasan ruangan kelas kepala sekolah mengatur jam belajar mulai dari  siswa kelas sepuluh sebelas dan dua belas agar dapat menimba ilmu dengan sebaik mungkin.(JS)



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top