DPRD Bukittinggi Gelar Rapat Paripurna Tutup Masa Sidang 2022-2023 dan Buka Masa Sidang 2023-2024

Nasrun
0


Wako Erman Safar bersama Ketua DPRD Bukittinggi dan Wakil Ketua DPRD Bukittinggi

Pariwara

BUKITTINGGI, Canangnews - DPRD Kota Bukittinggi adakan,  Rapat Paripurna Tutup Masa Sidang Tahun 2022- 2023 dan Buka Masa Sidang Tahun 2023- 2024, yang dihadiri Anggota DPRD Bukittiggi, Wali Kota Bukittinggi, Sekda, serta hadirin dari SKPD Pemko Bukittinggi, di Gedung DPRD Bukittinggi Senin ( 7/8/2023).


Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, menyampaikan, dengan telah adanya daftar hadir yang telah ditanda tangani berjumlah 19 orang, quorom telah tercapai dan sah dilaksanakan dan terbuka untuk umum.


Suasana anggota DPRD pada rapat tutup masa sudang dan buka masa sidang 2023-2024


Ia mengatakan, DPRD Bukittinggi telah membentuk panitia khusus (pansus) laporan kerja anggota DPRD. Ini merupakan langkah penyusunan laporan kerja tahun keempar anggota dewan periode 2019- 2024, yang memuat hasil kerja para wakil rakyat selama masa sidang 2022-2023.


"Berdasarkan pasal 87 Peraturan Pemerintah  (PP) Nomor 12 Tahun 2018, tentang penyusunan Tata tertib  DPRD Provinsi Kabupaten dan Kota dam pasal 95 peraturan DPRD Kota Bukittinggi Nomor 1 Tahun 2018, tentang peraturan DPRD Tahun 2018, tahun sidang dibagi dalam 3 masa persidangan," ulasnya.


Dengan tujuan terwujudnya upaya lembaga perwakilan rakyat yang mampu mencerminkan, nilai-nilai demokrasi, serta mampu menyerap aspirasi masyarakat Kota Bukittinggi.


"Tentunya kita tidak akan melupakan perjalanan yang telah dilalui sepanjang tahun sidang sebelumnya. Kita masih diberikan kesempatan dan optimis dalam menjalan amanah ini, dan memberikan yang terbaik," ujarnya.


Wakil Ketua DPRD Bukittinggi, Nur Hasra bacakan laporan kinerja Tahun keempat periode 2019-2024


Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Bukittunggi, Nur Hasra, membacakan laporan kinerja anggota DPRD Bukittinggi, ia menyampaikan, DPRD Bukittinggi selama satu tahun terakhir, telah menjalankan tiga fungsinya. Penganggaran pengawasan,dan legislasi.


Nur Hasra memaparkan, dalam tahun keempat ini, DPRD telah melakukan rapat paripurna sebanyak 32 kali, Rapat Bamus sebanyak 19 kali, Rapat Gabungan Komisi dan Paripurna Internal sebanyak 27 kali, Rapat Banggar 64 kali, Rapat Bapemperda, 12 kali, Rapat kerja komisi- komisi  sebanyak 29 kali, Rapat Dengar Pendapat/ Audiensi/ Hearing sebanyak 12 kali, Kunjungan Komisi ke Lapangan sebanyak 4 kali.


"Peraturan daerah yang telah dihasilkan 8 (delapan) buah, pembahasan raperda sebanyak 9 (sembilan) buah, Nota Persetujuan bersama 2 (dua) buah, Keputusan DPRD sebanyak 38 (tiga puluh delapan) buah," terangnya.


Wako Bukittinggi, Erman Safar berikan kata sambutan penutup 

DPRD sebagai lembaga yang mempunyai kewenangan dalam pembentukan peraturan daerah, dalam Propemperda 2023, berinisiatif mengajukan 3 rancangan peraturan daerah, yaitu ranperda tentang ;


1. Penyelenggaraan wisata     

    Halal.

2.Produk makanan dan 

    minuman Halal.

3.Pelestarian adat pemajuan  

   Kebudayaan.


Pada tanggal 3 Juli lalu, ketiga Raperda inisiatif DPRD tersebut, telah dilakukan diskusi publik untuk mendapatkan masukan, terkait dengan Pembuatan Naskah Akademis dan draft Ranperdanya. Diharapkan ketiga raperda tersebut dapat selesai dan dihantarkan segera dalam Rapat Paripurna DPRD masa sidang kesatu tahun 2023- 2024 ini.

Para tamu undangan, dari SKPD, unsur Forkopimda, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan sekretaris daerah/ staff


Dalam fungsi penganggaran, selama kinerja tahun keempat, seluruh pembahasan APBD dalam 1 (satu) tahun siklus anggaran daerah, telah dapat diselesaikan Badan Anggaran DPRD Kota Bukittinggi.


Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menuturkan, dalam rangka penyelenggaraan pemerintah daerah, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Untuk mewujudkan cita-cita kota, dan kenyamanan bermasyarakat, telah agenda yang diselesaikan dan dituntaskan dengan beberapa target.


"Kita berhasil meraih beberapa prestasi, unsur penyelenggara pemerintahan daerah, dan dukungan penuh dari pemerintahan pusat dan provinsi," ungkapnya.


Kemudian, lanjutnya, atas nama pemerintahan daerah, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD, Forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat Kota Bukittinggi.(***)



PEWARTA   :  Khairunas

FOTO           : Tim DPRD/ Nas

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top