SMA 1 IV Koto Gelar Panen Karya Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Nasrun
0

 

Panen Karya SMAN 1 IV Koto Agam menampilkan fashion Baju Basiba


Canangnews, Bukittinggi - Bertepatan dengan mulai dilaksanakannya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023/2024 . SMA 1 IV Koto Agam lakukan kegiatan akhir semester dan memasuki libur panjang sekolah bagi siswa Kelas X dan XI. Hal itu berupa Panen Karya penampilan karya siswa melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Propela), digelar dihalaman sekolah itu, Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam Sabtu (17/6/2023).



Kepala SMA Negeri 1 IV Koto Agam, Drs.Akmal, mengatakan, Propela ini merupakan Kurikulum Merdeka, acara Panen Karya itu ada dua Tema yaitu, Gaya hidup .berkelanjutan, dan Kearifan lokal.


"Gaya hidup berkelanjutan itu seperti, pembuatan pupuk kompos dari bahan sampah organik. kami akan memamerkan dan bisa menjual hasil karya para siswa, serta kearifan lokal dengan membuat Baju Basiba dan baju Teluk Belanga," ujar Akmal.


Ia mengharapkan, pada Propela itu, terpenting adalah pembentukan karakter dalam segi agama, ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa, berilmu, kreatif, mandiri dan mampu berfikir lebih jernih ,ke Bhinekaan dan menghargai orang lain.


Pemilihan Ketua Osis mirip dengan tata cara Pemilu

Waka Kurikulum SMA 1 IV Koto, Sri Mulyeti,S.Pd,M.Si menguatkan, kearifan lokal untuk mengangkat baju daerah khas Agam Sumbar. Disamping itu peranan orang tua murid juga tak kalah penting bagi pendidikan karakter anak diluar sekolah.


"Dalam pengerjaan Baju Basiba dibutuhkan perhatian orang tua/ibu dalam penyediaan bahan dasarnya, cara menjahit dan tentu juga peranan guru disekolah dalam membuat pola dan finishingnya," ungkapnya.


Sri Mulyeti menjelaskan, kegiatan semacam ini dilakukan tiga kali fase dalam setahun pelajaran.


Pada September tahun lalu telah dilaksanakan Pemilihan Osis dengan tata cara sama dengan proses layaknya pemungutan suara pada Pemilu.


"Untuk Suara Demokrasi, kita memberikan tema, Suara Demokrasi di SMA 1 IV Koto. Pemilihan Osis seperti di KPPS Pemilu, agar mereka mendapat pembelajaran sejak dini dan memudahkan bagi mereka untuk memberikan suara pada Pemilu mendatang, serta pemahaman dalam berdemokrasi," imbuhnya.


(KH)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top