SMA 1 X Koto Tanah Datar Gelar Wisuda Tahfidz & Khatam Qur'an Bagi Siswa dan Guru

Nasrun
0


Kepala SMA 1 X Koto Ahda, bersama Kacabdin Wilayah IV dan Komite Sekolah mewisuda Siswa Tahfidznya /foto,nas


Canangnews, Tanah Datar- SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar, gelar Wisuda Tahfidz dan Khatam serta kegiatan penampilan panen karya profil kelas X dan kelas XI market Day, dilaksanakan di SMA Negeri 1 X Koto, Jorong Kayu Tanduak Kenagarian Aia Angek Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (20/5/2023).


Kepala SMA 1 X Koto Tanah Datar, Ahda,S.Pd dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi yang sebesarnya, karena tahfidz ini merupakan salah satu wujud untuk menyukseskan dari Visi dan misi Gubernur Sumbar, dari beberapa misi tersebut ada tiga misi yang harus diserahkan kepada Kepala sekolah, salah satunya tahfidz. Tahfidz dan khatam Alqur'an juga diikuti olah para guru sebagai motivasi , inovasi kepada siswa.


"Tujuan dari wisuda tahfidz ini, bagaimana kita membina karakter siswa melalui pendekatan agama, seperti tahfidz, shalat berjamaah disekolah dan pembinaan Dai remaja," ujarnya.


Disampaikan, dengan hal itu anak-anak terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Yang mengancam dari generasi muda yang akan datang.


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ada 3 kriteria yang wajib dipenuhi para siswa diantaranya, bagaimana peserta didik bisa membuat baju kurung "Baju basiba"yang merupakan kearifan lokal, masakan tradisional wajik yang terbuat dari pulut, dan bisa memiliki nilai jual dan mempromosikannya..


"Kita akan terus memotivasi, termasuk warga masyarakat, untuk bagaimana membuat inovasi yang berhubungan dengan keagaamaan, dan pendidikan karakter yang baik bagi siswa," harapnya.


Peserta wisuda tahfidz& Khatam, juga terdiri dari Guru-guru SMAN 1 IV Koto

Sementara, Kepala Cabang Dinas Wilayah IV Sumbar,  yang diwakili, Iwen,SP. menjelaskan, secara umum kegiatan ini bermanfaat bagi siswa, guru, masyarakat dan orang tua wali murid.


"Kita sudah berkoloborasi dengan masyarakat, sehingga sekolah sekarang sudah melaksanakan kegiatan yang memanfaatkan masyarakat setempat. Diharapkan nanti masyarakat bisa ber partisipasi yang lebih lagi," ungkapnya.


Peran serta masyarakat, sudah dibuktikan dengan menggelar tiga kegiatan sekaligus. Sekolah telah berkoloborasi untuk meraih mimpi yang lebih baik lagi.


Ketua Komite SMAN 1 X Koto, G.Dt.Rangkayo Tuo, menambahkan, SMA ini untuk yang kedua kalinya melaksanakan wisuda tahfidz dan dua kegiatan serangkai lainnya.


"Kami dari pengurus komite sangat mendukung kegiatan ini dan mengapresiasi yang tinggi kepada pihak sekolah.  Berharap menjadi agenda tahunan, sekolah ini berprestasi disegala bidang dan lebih baik lagi untuk masa mendatang," pungkasnya.


Adapun, tercatat 31 peserta Wisuda Tahfidz putra/putri itu terdiri dari kelas .XI dan XII. 10 orang untuk kategori 1 juz, 15 orang untuk 2 juz dan 5 orang kategori 4 juz serta 1 kategori 3 juz.

Ditambah dengan 4 orang wisuda tahfidz Guru  dan 11 orang khatam Alqur'an untuk Guru.



( KH)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top