UJIAN DI SURAU

Pilot Canang Sumbar
0
Surau Babussalam Jorong Taruko, Manganti. Sedang dalam pembangunan ini tempat ujian kami.


Sijunjung, Canangnews.com-Selasa, 11/04/23 siswa/i SMKN 8 Sijunjung sedang bersitungkin dengan androidnya masing-masing menjawab soal ujian karena telah mengikuti pesantren ramadhan di masjid, surau, mushalla yang berada disekitar tempat tinggal mereka.


Ujian online dengan aplikasi google form, manfaatkan apa yang ada, alam itu berubah dan akan tetap berubah sesuai dengan kehendakNya. Dulu tidak terbayang oleh kita kondisi seperti ini, hanya dengan modal alat petak, tipis, berlayar kaca ini kita bisa melihat dunia.


Siswa/i menerima arahan dari ketua Pesantren Ramadhan Bpk Irmen Kusnedi, S.Pd.


Ada sekitar 60 orang siswa/i mengikuti ujian hari ini dengan 60 butir soal pilihan ganda dari materi yang sudah mereka dapatkan selama pesantren ramadhan. Diantaranya ; Aqidah, Ibadah, Akhlak, Sejarah, bahaya pergaulan bebas dan bahaya NAFZA.


Selepas subuh tak berhenti android saya bergetar menjawab pertanyaan siswa/i serta panitia bertanya jam berapa ujiannya, tempatnya di mana, ujiannya pakai apa, ini pertanyaan ta'kid "penguat" saja karena sebelumnya sudah diinformasikan.


Salah seorang pembimbing Bu Syilvi Dessela, M.Pd dikerumuni siswa/i untuk mengakses soal ujian.


Ujian kita laksanakan di surau, kita ujian setelah dhuha, menggunakan android ananda masing-masing. Hemat biaya, hemat tenaga, selesai ujian ananda bisa pulang membantu ayah bunda di rumah. Enaknya zamanmu nak hanya modal android ananda bisa ujian.


Mari kita jadikan surau, mushalla dan masjid sebagai tempat ternyaman bagi mereka sebagai tempat ibadah, belajar, bermain, serta berkarya sesuai zamannya kita sebagai guru cukup memantau dan membimbing saja, jika ada hal-hal yang tidak wajar terjadi.



Halaman Surau dipenuhi kendaraan siswa/i terlihat mereka sedang berdiskusi sebelum masuk surau.


Terakhir tadi saya tanya salah seorang siswi yang akan ujian "bagaimana perasaannya nak? perasaan apa pak? perasaan menghadapi ujian nak? berdebar pak jawabnya. Kenapa sampai berdebar nak? takut ndak terjawab pak, hmmm... tenang nak, semua soal itu dibuat sesuai dengan apa yang sudah ananda pelajari.


Tuhan saja memberikan ujian sesuai kadar hambanya, anak SD tidak mungkin diberi soal ujian untuk anak SMP dan sebaliknya, maknanya setiap ujian itu sesuai dengan kemampuan kita, cuman terkadang ada yang agak sulit dan ada pula yang mudah.


Penyejuk mata di samping surau, indahnya kampung ini.


Selamat ujian anak surau, semoga surau terpaut dihatimu, generasi terbaik lahir dari masajik.

(PardiS_Anak Amak).


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top