Sungai Sariak, CanangNews, - Sebanyak 29.384 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kabupateb Padang Pariaman menerima bantuan cadangan pangan program pemerintah bantuan dari Badan Pangan Nasional.


Bantuan berupa cadangan beras tersebut disalurkan langsung secara simbolis oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur bertempat di Kantor Pos Kecamatan VII Koto, Selasa (11/4/2023).


Dalam arahannya Suhatri Bur mengungkapkan, program penyaluran bantuan ini dimaksudkan untuk mengurangi beban pengeluaran bagi KPM sebagai upaya untuk menangani kerawanan kemiskinan, stunting dan gizi buruk di Padang Pariaman. 


"Alhamdulillah, semoga bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan dapat meringankan beban masyarakat, apalagi pada saat lebaran nanti," ujarnya. 


Ia menambahkan, bantuan cadangan pangan pemerintah ini merupakan program bantuan Pemerintah dari Badan Pangan Nasional yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat berupa 10 kg beras perbulan per-KPM, dengan kualitas beras premium, yang diberikan selama periode 3 bulan, yakni Maret-Mei 2023.


"Dengan total mencapai 881,520 ton beras, jika dirupiahkan bantuan tersebut mencapai Rp8,7 milyar. Angka ini bukanlah jumlah yang sedikit. Oleh karena itu, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional yang telah mendistribusikan bantuan cadangan pangan ini," katanya mengapresiasi.


Untuk diketahui, 29.384 KPM tersebut merupakan keluarga kurang mampu yang tersebar pada 17 kecamatan dan 103 Nagari se-Padang Pariaman yang datanya sudah ditentukan dan bersumber dari Kementerian Sosial RI dan Dinsos P3A Kabupaten Padang Pariaman.


Sebelumnya, pada kesempatan ituKepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman SP MM melaporkan, sebagai instansi yang menangani pangan d Kabupaten Padang Pariaman, pihaknya langsung merespons tugas yang diberikan Bupati Suhatri Bur untuk mengupayakan bantuan beras cadangan pangan ini dan menyalurkan kepada KPM bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) dan PT Pos Indonesia memakai data KPM yang berasal dari Dinas Sosial P3A Kabupaten Padang Pariaman.


Turut hadir mendampingi Bupati antara lain Kepala Dinas Sosial P3A Sumarni MPd, Kadistan KP Yurisman, Pimpinan Wilayah Bulog Provinsi Sumbar, Executive Manager PT Pos Kantor Cabang Pariaman, Kabag Perekonomian, Kabag Prokopim, Camat VII Koto dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan di Kecamatan setempat. (R/ZT)