Kukuhkan 69 Guru Penggerak Se Kabupaten Padang Pariaman

Kikilaksmana
0




CANANGNEWS.COM,Parit Malintang,- Sebanyak 69 Guru Penggerak se Kabupaten Padang Pariaman dari tingkat SD, SMP,SMA dan SMK sederajat dikukuhakn oleh Bupati Suhatri Bur di Hall IKK Parik Malintang Kawasan Kantor Bupati Padang Pariaman, pada Jumat (06/04).

Pengukuhan Guru Penggerak angkatan ke 4 (empat) tersebut merupakan rangakaian terakhir dari perjalanan panjang yang dilalui oleh guru penggerak selama 1 tahu terakhir.

Bupati Padang pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya mengungkapkan bahwa adanya  Pogram Guru Penggerak (PGP) menunjukkan adanya perhatian dan komitmen pemerintah pusat untuk meningkatkan kompetensi guru di Indonesia.

"kami siap mendukung program ini,karena seyogyanya dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan berbagai macam pendekatan,strategi, metode dan teknik pembelajaran yang dikembangkan dengan cara pembelajaran yang berpusat kepada siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Padang Pariaman," ungkapnya.

lebih lanjut Suhatri Bur mengatakan, Guru Penggerak merupakan agen transformasi ekosistem pendidikan serta menjadi teladan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.

"Semoga pendidikan dan pelatihan yang telah Bapak/Ibu ikuti sejak awal dapat dikembangkan di sekolah serta mengimbaskan kepada sekolah lain dan makin banyak lagi Guru Penggerak di kabupaten Padang Pariaman ini," harapnya mengakhiri.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Guru Dikmen dan Diskus Dirjen GTK Kemendikbudristek Putra Asga Elevri menjelaskan, Program Guru Penggerak adalah pelatihan yang diberikan kepada guru sebagai upaya memberikan dampak nyata pembelajaran di kelas agar menjadi lebih menyenangkan dan bukan sekadar pendidikan dan pelatihan (diklat) biasa, tetapi sampai ketahap ini  harus melalui tahapan seleksi yang ketat.

"Guru bukan sekadar dilatih cara mengajarnya saja, tetapi dibuka pemikirannya agar secara mandiri dapat bereksperimen dan percaya diri mengikuti instingnya dalam menciptakan format pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak-anak akan tumbuh dengan potensi yang dimilki dan murid pun merasakan perbedaannya di kelas," terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang pariaman Anwar dalam laporannya menyebutkan, peserta Guru Penggerak yang dikukuhkan pada hari ini terdiri dari satuan pendidikan tingkat TK sebanyak 7 orang, tingkat SD sebanyak 34 orang, SMP  sebanyak 13 orang, SMA berjumlah 14 orang dan tingkat SMK berjumlah 1 orang.


Selain itu Anwar juga menjelaskan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh DisdikBud Kabupaten Padang Pariaman bersama kantor cabang Dinas Wilayah 2 Provinsi Sumatra Barat.


Pengukuhan yang berlangsung selama satu hari ini, turut disaksikan oleh Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Sumbar Sri Yulianti, Kepala Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sumbar Irsyad Sakti, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Emrizal, Pengawas TK, SD, SMP, SMA dan SMK serta Kepala Sekolah se Kabupaten Padang Pariaman dan pihak terkait.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top