Eratkan Silahturahmi Sharing Informasi Pengelolaan Pencatatan Kependudukan Kab Inhu Beesama Kota Sawahlunto

Canang Riau
0

Indragirihulu canangnews com - Setelah berkunjung ke Sawahlunto tahun 2022 kemarin, Pemkab Inhu kembali menyambut kedatangan Wakil Wali Kota Sawahlunto berserta rombongan di Kabupaten Indragiri Hulu, Rabu (12/04/2023).


Kunjungan kerja Wakil Walikota Sawahlunto di Inhu tersebut bertujuan untuk menjalin silahturahmi, sekaligus bertukar informasi terkait peningkatan pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Selain Wakil Bupati, Drs. H.Junaidi Rachmat M,Si. Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Indragiri Hulu Saiful Bahri, S.Sos berserta OPD terkait ikut menyambut hangat kedatangan Wakil Walikota Sawahlunto beserta rombongan.

Uraian permasalahan dan solusi disampaikan oleh masing-masing Kabupaten, Wabup Inhu berharap sharing informasi mengenai pengelolaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil baik dari Kabupaten Indragiri Hulu ataupun Kota Sawahlunto dapat menghasilkan konklunsi yang menjadi acuan untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan publik dibidang pencatatan dan pengelolaan kependudukan.


Melalui Kepala Dinas Dukcapil Indragiri Hulu, Saiful Bahri menyampaikan bahwa Inhu mengalami pertumbuhan penduduk mulai dari tahun 2018-2022, dikarenakan letak Kabupaten Indragiri Hulu yang berada di jalur lalu lintas sektor perkebunan. Hal ini tentunya menjadi faktor yang mempengaruhi tata kelola penerbitan pencatatan kependudukan. Selain pendataan komunitas suku-suku terpencil yang masih mengalami kesulitan.


Namun terlepas dari itu, Pemerintah Indragiri Hulu bersama dukcapil terus berupaya memgembangkan website percepatan pencatatan penduduk melalui gerakan "Admiduk Dirumahsaja". Serta, menyusun SK Bupati untuk membatu pencatatan setiap warga desa dan bersiap beralih ke KTP berbasis digital maupun menerbitkan email untuk masyarakat yg wajib berKTP.


Semua strategi ini diharapkan dapat menjadi data bagi setiap pelayanan publik di Kabupaten Indragiri Hulu. Selain itu, Perwakilan Dinas Dukcapil juga memberikan masukan, untuk memanfaatkan data penggunaan KTP digital diberbagai sektor pelayanan publik dan juga menghemat anggaran untuk beralih ke papperless. 


Terakhir, kunjungan silahturahmi tersebut diakhiri dengan saling bertukar cendera mata dan batik khas dari masing-masing kota." rol


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top