SURAU DI TEPI SAWAH

Pilot Canang Sumbar
0


Surau di tepi sawah ini tempat kami mengikuti Lounching Pesantren Ramadhan 1444H.


Sijunjung, Canangnews.com-Senin, 27/03/23 dari jam 07.00 pagi anak-anak sudah standby duduk di jejang surau menunggu pembukaan Pesantren Ramadhan 1444H yang sudah diinformasikan sebelumnya.


Surau ini berada di Jorong Taruko Nagari Manganti tidak jauh dari sekolah saya sering maghrib di sini, posisinya berada di tepi sawah ketika dibuka jendela kita lansung dapat melihat indahnya pemandangan disekitarnya.


Hari ini adalah launching pesantren ramadhan yang dibuka lansung Bapak Gubernur orang no.1 SeSumbar itu lebih akrab dengan sapaan Buya. Sebelum pembukaan panitia pesantren ramadhan SMKN8 SJJ sudah mempersiapkan segala sesuatunya.


Infocus, laptop, rekap absen serta shoun sistem dan lain sebagainya alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar.


Sawah membentang luas ini pas berada di samping surau.


Kegiatan pesantren ramadhan ini seingat saya dulu bernama pesantren kilat, waktu kuliah 2004/2005 di kota Padang saya sering diajak kerja sama oleh guru-guru agama untuk pemateri selama pesantren.


Kegiatannya dipisah antara siswa SD, SMP, dan SMA satu minggu satu minggu, tapi di tempat yang sama koordinator dan panitia juga sama. Kegiatan full 3 minggu satu minggu menjelang lebaran khusus evaluasi saja serta pembagian piagam atau sertifikat.


Hari ini kegiatan pesantren ramadhan itu sudah diserahkan kepada sekolah masing-masing pesertanya juga dari sekolah tersebut serta siswa/i sekolah lain yang berdomisili ditempat tersebut.


Guru-guru muda yang luar biasa tanpa kenal lelah meskipun belum berkeluarga "Jomblo."

Sebagai alumni pondok saya melihat kegiatan ini bagus, mendekatkan anak-anak ke masjid/surau, secara lahir ini akan mengakrabkan mereka dengan masjid/surau, ibadahnya terjaga, wawasan keagamaannya bertambah dan lain sebagainya.


Disisi lain saya juga melihat jika kegiatan ini tidak didukung penuh oleh pemerintah setempat, orang tua, lingkungan dan lainnya maka ia akan jadi separoh masak saja. Karena yang mengerti medan, situasi, dan kondisi di lapangan tentu mayarakatnya.


Kami panitia sengaja memilih tempat yang nyaman bagi siswa untuk pembukaan pesantren kali ini, mulai dari jarak, ketersediaan air untuk bersuci, sinyal, serta pemandangan yang indah. Suasana seperti Candung tempo dulu, depannya jalan lintas sampingnya membentang luas sawah nan indah memanjakan mata.


Para siswa/i mendengarkan pidato Buya Mahyeldi dengan tenang.

Sejak lama saya ikut memantau kegiatan ini meskipun saya hanya melihat di belakang layar, tapi ketika saya dibutuhkan saya siap untuk memenuhinya, rasanya kurang elok pula saya tolak karena kegiatan ini juga bagian dari saya.


Tapi perlu digaris bawahi jangan terlalu banyak berharap dengan kegiatan yang hanya 2 pekan, kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan generasi muda dengan tempat ibadah "masjid/surau" serta menambah ilmu agamanya untuk bekalnya di kemudian hari.


Putri Andam Dewi, M.Pd. Buk Kepsek Muda ini diakhir pembukaan memberikan nasehat kepada siswa/i untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh.


Yang jelas jalani saja semampunya, berikan materi secukupnya, kelolah sesuai prosedur yang ada untuk hasilya serahkan saja pada yang maha kuasa. Semoga lelahmu wahai para guru bernilai lillah, Aamiin..
(PardiS_Anak Amak)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top