Pertama Dalam Sejarah Koloborasi Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam Gelar Pacu Kuda

Nasrun
0



Pacuan kuda, tradisi Alek nagari masyarakat Kota Bukittinggi sejak zaman dahulu tetap dilestrarikan/foto,al


Bukittinggi, Canangnews - Pemerintah Kota Bukittinggi  bersama Pemerintah Kabupaten Agam, bekerjasama dengan Pordasi Sumbar, Bukittinggi dan Agam, gelar alek nagari Pacuan kuda  Wali Kota- Bupati Cup 2023.


Event perdana yang digelar dua daerah ini dilaksanakan di gelanggang Pacuan kuda Bukik Ambacang, Minggu (19/3/2023).


Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, memaparkan, event pacuan kuda ini menjadi kegiatan yang akan terus diselenggarakan sebagai kalender event Bukittinggi.


"Alhamdulillah tahun ini 2023, kita dapat menyelenggarakan pacu kuda. Rencana akan dilaksanakan 2 kali yaitu semester awal dan diakhir tahun. Atau setidaknya sebelum berakhir tahun 2023 bertepatan dengan HUT Kota Bukittinggi," ujar Erman.


Bupati Agam, Andri Warman(AWR), mengungkapkan, tujuan kegiatan ini untuk mensuport kegiatan Pordasi, selain itu, kegiatan ini juga memberikan dampak baik terhadap pemulihan ekonomi.


"Setelah terhenti selama tiga tahun terakhir, tahun ini kembali digelar Open Race pacu kuda digelanggang Bukit Ambacang. Ini gratis dan sejarah, karena perdana dilaksanakan koloborasi antara Pemkab Agam dan Pemko Bukittinggi, kita akan pertahankan dan tingkatkan kedepannya," kata Bupati AWR.


Sementara, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengapresiasi pelaksanaan pacuan kuda Walikota-Bupati Cup 2023 ini. Kegiatan ini dapat meningkatkan Olah raga tradisional Sumatera Barat, dan tentunya berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat.


"Insyaalah kedepan kita akan siapkan pacu kuda berstandar Internasional. Terimakasih kepada masyarakat, Pordasi Sumbar, Pordasi agam dan Pordasi Bukittinggi, serta Niniak mamak yang ikut mensukseskan event ini," pungkas Gubernur.


( KH )

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top