Puan : PERMISIWA SMKN 8 Sijunjung Segera Digelar dalam Rangka HUT Sijunjung 2023

0
Puanwi Andam Dewi, M.Pd. Kepsek SMKN 8 Sijunjung

Buka Tautan Youtube: https://youtu.be/9aqCE9gl5Sc

Sijunjung, Canangnews.com -  Pekan Ekspresi Minat Dan Bakat Siswa  (Pemisiwa) SMKN 8 Sijunjung segera akan diselenggarakan dalam memeriahkan perayaan hari jadi Kabupaten(HJK) Sijunjung ke 74  tahun 2023.


Kegiatan akbar ini terbuka untuk utusan  SMP dan SMA sederajat se Kabupaten Sijunjung pada Selasa dan Rabu, tanggal 7 dan 8 Februari 2023 mendatang.


Putri Andam Dewi, M.Pd., Kepala SMKN 8 Sijunjung  menyampaikan  dalam wawancara dengan  media Canangnews.com dan Goparlemen, di loby  Edotel (Education Hotel) Manganti SMKN 8 Sijunjung , icon kebsnggaan sekolah itu, pada Sabtu (28/1/2023).


Masih menurut Andam, dalam Pemisiwa yang digelar 7 dan 8 Februari 2023 


kita akan pelatihan dan lomba menulis cerpen dan esai, melukis, potografer serta pertandingan bola voli. Untuk cabang cerpen, esai dan melukis hari pertamanya pelatihan dan hari keduanya lomba dari hasil pelatihan tersebut.




Untuk pelatihan dan lomba cerpen, esay dan melukis kita mengundang dewan pelatih dan juri yang sangat kompeten,  pertama Subhan,  merupakan penulis, pegiat literasi dan founder kelas menulis daring (KMD) elipsis. Kedua  Yurnaldi, dia adalah  Wartawan utama, penulis dan editor buku, mentor jurnalistik dan gerakan literasi yang  ketiga  Hamzah, S.Sn.,M.Sn dosen ISI Padang Panjang.




Kita berharap, ujar Andam dengan adanya kegiatan Pemisiwa I tahun 2023 ini, yang kegiatannya berbeda dari kegiatan kegiatan sekolah lainnya ini dapat menjadi merangsang  minat tamatan SLTP sekitarnya untuk masuk  belajar di SMKN 8 Sijunjung kedepannya.




"Insya Allah kegiatan Pemisiwa ini akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun bagi  SMKN 8 Sijunjung bersamaan dengan perayaan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ini," ungkap Andam.



Bagi yang berhasil menjadi juara dalam lomba Pemisiwa, akan memperoleh trophy, piagam penghargaan, uang pembinaan berupa Tabanas, jumlahnya sangat menggembirakanlah dan souvernir lainnya dari sponsor,  jelas Andam.




Edotel Manganti juga bisa disewakan untuk  metting



SKMN 8 Sijunjung yang diresmikan 2 September 2019, berulang tahun ke 3 pada Jumat, 2 September 2022 ini  memiliki visi " Terwujudnya Lulusan Yang Profesional Dan Berbudaya Lingkungan Berdasarkan Imtek dan Imtaq" di bangun  diatas tanah seluas 3 hektar.



Pembangunan SMKN 8 Sijunjung ini sangat lengkap, ada kantor guru, lokal ruang belajar, kantor Kepala dan staf tata usaha, Labor, Pustaka, ada hotel selevel bintang 3 dengan 5 ruang penginapan, ruang pertemuan, dapur  dan instalasi listrik dan air bersihnya. Selain itu juga dibangun 20 unit rumah yang ditempati oleh guru ataupun penginapan siswa yang datang dari luar  nagari ini.




SKMN 8 Sijunjung satu satunya Sekolah Kejuruan dengan Bidang keahliannya Pariwisata di Kabupaten Sijunjung,  dengan program keahlian Perhotelan dan pariwisata telah memiliki 5 kompetensi keahlian yaitu, perhotelan, Usaha Layanan Pariwisata (ULP), Tata Kecantikan kulit dan rambut, kuliner dan pemasaran.




Namun sampai saat ini yang telah memiliki siswa, hanya  dua kompetensi keahlian yakni perhotelan dan Usaha Layanan Pariwisata karena  pada penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2022/2023 kemarin calon siswa kuliner atau tataboga hanya 5 orang,  tentu belum memenuhi syarat untuk dilanjutkan maka kelima orang tersebut digabungkan pada dua kompetensi yang ada," jelas Putri Andam Dewi (PAD).




"Kalau cukup 10 orang saja yang mendaftar dan memilih kompetisi keahlian kuliner akan kita beranikan untuk melanjutkan membuka kuliner atau tataboga itu," jelas Andam.




"Kehadiran SMKN 8 Sijunjung di Manganti ini adalah sebuah amanah dari Buya Syafii Maarif untuk bisa dimanfaatkan oleh  masyarakat daerah ini untuk  menciptakan sumber daya manusia (SDM) generasi muda yang handal dan perlu kita pelihara amanah itu dengan baik," papar Andam panggilan akrabnya Kepala SMKN 8 Sijunjung.




Oleh sebab itu, Andam  berharap agar masyarakat Kabupaten Sijunjung umumnya atau di kawasan  Sumpur Kudus dan sebagian dari Sijunjung khususnya dapat mempercayakan anak anaknya  yang lulusan SMP dan sederajat untuk dilatih dan dididik  di SMKN 8 Sijunjung ini.



Dalam menjawab pertanyaan media, apa harapan kepada pemerintah  dalam penyelenggaraan pendidikan di SMKN 8 Sijunjung ini? Andam Dewi menyebutkan" kepada Pemerintah Provinsi Sumbar cq Dinas Pendidikan untuk menugaskan guru yang  PNS di sekolah ini, sebab sampai saat ini hanya ada 1 orang guru PNS yakni saya sendiri yang juga menjadi Kepala sekolah.




Dari data ketenagaan  yang terpampang di sebuah daftar sekolah itu, media melihat jumlah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berjumlah 27 orang, 2 orang statusnya PNS yaitu Kepala Sekolah dan Kepala Tata Usaha, lainnya status P3K 1 orang, 17 orang statusnya kontrak dan 7 orang statusnya honor komite.




Dalam wawancara media dengan pengelola hotel Edotel Manganti Muhammad Faisal didampingi rekannya Fathur mengatakan, hotel ini menyediakan ruang metting  dan  5 kamar tidur selevel bintang 3,  dengan fasilitas lemari pakaian, AC dan TV  juga tersedia menu kuliner  apa yang diminta pelanggan.




Dalam kunjungan kami ke SMKN 8 Sijunjung, Kepala SMKN 8 Sijunjung Putri Andam Dewi memaparkan berbagai program pengembangan sekolahnya kedepan, dan menyampaikan pengharapan nya kepada pemerintahcm  dan mengajak kami berkeliling diareal sekolah tersebut.(TJP/Herman)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top