Gebyar Festival Lansek Manih V dan Sijunjung Expo, Tampilkan Kreasi Seni Sekolah, Pariwisata Berkembang Ekonomi Pulih

0


Pembukaan Festival Lansek Manih V dan Sijunjung Expo



Sijunjung, CanangNews.com - Sejalan dengan memeriahkan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung ke 74, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi Festival Lansek Manih V Dan Sijunjung Rancak Expo di Jalan Lansek Manih, Sabtu (18/2/2023).



Acara pembukaan  Festival Lansek Manih (FLM) V Dan Sijunjung Rancak Expo itu berlangsung meriah dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat Kabupaten Sijunjung, pengunjung kelihatan   terkesima menyaksikan tari kolosal yang ditampilkan  gabungan sanggar Kalambu Suto dipimpin Awang Syafwarman, Pusako Panai dengan pelatih Rahman dan Puti Junjuang pembimbingnya Ihsan.



Selain tari kolosal tersebut juga ada penampilan tari yang dibawakan oleh murid  SDN 4 Mundam Sakti merupakan produk dari Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) tahun 2022 yang tidak kalah menarik bagi  pengunjung pembukaan  FLM V Dan Sijunjung Rancak Expo itu.



Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dalam sambutannya menyampaikan, FLM V Dan Sijunjung Rancak Expo dilaksanakan sejalan dengan rangkaian kegiatan HJK Sijunjung ke 74 telah menjadi kelender event tetap setiap tahunnya dengan harapan bisa menjadi salah satu momentum untuk bangkit dan pulihnya ekonomi masyarakat yang mengalami keterpurukan dalam kurun dua tahun terakhir.





Melalui FLM V Dan Sijunjung Rancak Expo ini diharapkan semua sektor yang potensial di masyarakat akan dapat dikemas menjadi sajian yang menarik, baik terkait dengan pariwisata unggulan dengan icon Geopark Ranah Minang Silokek, keberagaman budaya anak nagari maupun disektor perdagang oleh UMKM dan Ekonomi Kreatif.



Pada kesempatan ini juga, kita akan lakukan Lounching beberapa program dan kegiatan serta inovasi dari beberapa OPD untuk mendukung semua sektor yang kami sampaikan tadi berupa ;


Pertama Lounching FLM V Dan Sijunjung Rancak Expo tahun 2023 merupakan tanda dimulainya penyelenggaraan FLM V Dan Sijunjung Rancak Expo  tahun 2024 pada 18 Februari sampai 25 Februari 2023.



Kedua,  Lounching Inovasi "SI DEWI MANDEH" merupakan kolaborasi Desa Wisata Mandiri Digital Dan Ekonomi Kreatif dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora).


Pembukaan Festival Lansek Manih V dan Sijunjung Expo


Ketiga, lounching  "SIBESTIKU" yakni Sijunjung Bebas Stunting Menuju Keluarga Berkualitas dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) merupakan program dan kegiatan untuk mengatasi isu yang sedang hangat saat ini yaitu stunting, tidak bisa dilakukan oleh lembaga pemerintah saja, tetapi juga bekerjasama dengan lembaga non pemerintah.



Keempat, lounching "PLAZA UMKM" dari Dinas Dagperinkop dan UKM, merupakan aplikasi digital berbasis android mobile berupa sarana pasar digital atau market place yang khusus dibuat bagi pelaku usaha atau UMKM. Dengan aplikasi ini pelaku UMKM bisa melakukan pemasaran dan jual beli secara digital.



Kelima, lounching digital library, Pocadi (Pondok Baca Digital), gerakan Sijunjung gemar membaca dan pengukuhan Bunda Literasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Digital library merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis android bisa diakses dimana saja oleh siapa saja, tanpa harus ke Dinas Perpustakaan Daerah. Pondok Baca Digital (Pocadi) merupakan Inovasi memperluas jangkauan Perpustakaan Daerah untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan Dokumen Kependudukan di Dinas Dukcapil. Sedangkan BUNDA LITERASI adalah figur pendorong peningkatan literasi di masyarakat. Gerakan Sijunjung Gemar membaca merupakan suatu gerakan menuju peningkatan leterasi di seluruh masyarakat.



Keenam, lounching Sistim Melayani Online Pajak Dan Retribusi Mantap (SIMELON PRIMA) dari BKAD, merupakan bentuk pelayanan digital dengan menawarkan kemudahan bagi masyarakat atau wajib pajak, bisa membayar pajaknya dengan mudah, cepat dan tanpa dipungut biaya. SIMELON PRIMA hadir hasil kolaborasi Pemkab Sijunjung, Bank Nagari Cabang Sijunjung dan PT Asahan Jaya Mitra selalu pengembang aplikasi dan stakeholder lainnya dalam memudahkan pembayaran pajak daerah secara digital.



Ketujuh, fhashion show lounching jilbab motiv Geopark Silokek, merupakan peragaan fhasion show penggunaan dan memperkenalkan jilbab dengan motiv Geopark Ranah Minang Silokek.



Kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung Afrineldi SH, selaku Ketua Pelaksana FLM V Dan Sijunjung Rancak Expo dalam laporannya mengatakan FLM V Dan Sijunjung Rancak Expo berlangsung dari 18 hingga 25 Februari 2023 



FLM V Dan Sijunjung Rancak Expo dilaksanakan dengan maksud memeriahkan hari jadi Kabupaten Sijunjung ke 74 tahun 2023 dan mempunyai tujuan sebagai berikut;

mempromosikan Kabupaten Sijunjung sebagai destinasi pariwisata unggulan Geopark Ranah Minang Silokek yang kaya dengan geodiversity, biodiversity dan culturediversity ;  mendorong dan menumbuhkan kebangkitan pariwisata, industri kreatif, investasi dan perdagangan ; meningkatkan kunjungan wisatawan ; mengangkat potensi kesenian anak nagari.



Berikutnya bertujuan mengembangkan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan khususnya pariwisata ; mengangkat dan mengembangkan potensi nilai-nilai sejarah dan kearifan lokal di kawasan Geopark Ranah Minang Silokek ; meningkatkan perekonomian masyarakat melalui produk UMKM dan ekonomi kreatif dan bazar ; serta menjadikan desa wisata sebagai simbol kebangkitan perekonomian nasional.



Dijelaskan Afrineldi tema Festival Lansek Manih V Dan Sijunjung Rancak Expo tahun 2023 ini adalah " Melalui Geopark Ranah Minang Silokek Pariwisata Sijunjung Berkembang, Ekonomi Pulih".



Sijunjung Rancak Expo menampilkan pameran pembangunan dan investasi, produk Unggulan, pasar ekonomi kreatif dan bazar diikuti oleh 25 OPD, 1 Instansi Vertikal, 40 pelaku UMKM dan ekonomi kreatif, 2 Kabupaten/Kota lain, 3 BUMN/BUMD/Dunia Usaha dan 60 peserta bazar.



Untuk FLM V tahun ini, Pemda Sijunjung memberikan tempat secara gratis kepada pelaku UMKM dan ekonomi kreatif sebanyak 40 pelaku dan diansiransikan pada BPJS Ketenagakerjaan selama 1 bulan, mengadakan lomba Mars Desa Wisma sejak tingkat nagari, kecamatan dan berlanjut sampai tingkat kabupaten.



Setiap hari, kata Afrineldi pengunjung akan disuguhkan dengan beberapa penampilan kesenian dan hiburan antara lain; penampilan D Plus Band yang didatangkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, penampilan Band D Corner, penampilan rebana Hubbul Rosul dari Nagari Padang Tarok, randai kreasi oleh Grup Minang Saiyo, randai kreasi oleh Grup Talang Sarumpun dan penampilan kesenian dari Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS).



Berikutnya juga akan ada penampilan tari oleh sanggar Pusako Panai, penampilan randai oleh Grup SMPN 19 Sijunjung dari Mundam Sakti, penampilan akustik, kesenian Batak, tari sanggar kulambu suto, penampilan Lanis Band, randai Bukik Lontiek dari Sumpur Kudus, penampilan Sanggar Berlian Saiyo, kuda kepang dan penampilan sanggar Puti Junjuang.



Kegiatan peresmian FLM V Dan Sijunjung Rancak Expo dihadiri Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Wakil Bupati, Ketua TP PKK dan Ketua GOW Kabupaten Sijunjung, Anggota DPRD, Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung.(TJP llHerman)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top