Pemko Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke -74


Sekdako Bukittinggi bertindak selaku Inspektur upacara / mon


Bukittinggi,Canangnews - Pemerintah Kota Bukittinggi gelar upacara untuk memperingati Hari Bela Negara ke 74 tahun 2022. Upacara dilaksanakan di halaman Balaikota Bukittinggi, Senin (19/12/2022).


Sekretaris daerah (Sekda) Kota Bukittinggi, Martias Wanto, selaku inspektur upacara, membacakan amanat Presiden RI, Joko Widodo.  Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan kemampuan awal bela negara. 


"Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya,"ujar Sekdako.


Seperti diketahui, Hari Bela Negara dilatar belakangi sejarah peristiwa Agresi militer Belanda ke-2 dan terbentuknya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).


Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) didirikan pada 19 Desember 1948. PDRI berkedudukan di Kota Bukittinggi, dipimpin Syafroedin Prawiranegara. Tujuannya untuk mengisi kekosongan kursi pemerintahan.


Untuk memperingati peristiwa bersejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan tersebut, pemerintah menetapkan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2006.


( KH )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama