Kecamatan Enam Lingkung Tanpa Lubuk Pandan dan Sungai Asam

0
Catatan Zakirman Tanjung *)

BERDASARKAN informasi yang pernah saya dengar, nama yang benar adalah "Balai Kami", balai yang dimiliki secara bersama oleh masyarakat 7 (tujuh) nagari yang bernama Enam Lingkung. 

Namun, konon oleh ninik-mamak Nagari Pakandangan nama Balai Kami diplesetkan menjadi Balai Kamih dan menguasai balai/pasar itu secara sepihak tanpa melibatkan lagi dan membagi pendapatan pasar kepada niniak-mamak 6 (enam) nagari lainnya.

Keenam nagari yang melingkungi Nagari Pakandangan adalah Toboh Ketek, Koto Tinggi, Gadue, Parik Malintang, Lubuak Pandan dan Sungai Asam.

Pada tahun 2000, Bupati Padang Pariaman (masa itu) Muslim Kasim (MK) konon menginginkan pemekaran Kecamatan 2x11 Enam Lingkung menjadi Kecamatan 2x11  dan Kecamatan Enam Lingkung. Saya menentang keras keinginan tersebut. MK pun mengutus Zainir Dt Rangkayo Mulie menemui untuk melunakkan sikap saya. 

Jangankan melunak, saya justru memprovokasi Datuak Zainir yang notabene orang Sungai Asam serta berpesan kepada MK supaya jangan memaksakan kehendak jika tak ingin berhadapan dengan saya. 

Selain karena Balai Kami(h), saya keberatan pemekaran Kecamatan 2x11 Enam Lingkung menjadi Kecamatan 2x11  dan Kecamatan Enam Lingkung karena:

1. Dengan pemekaran tersebut, kecamatan induk mati (bagi saya no problem);

2.  Dengan pemekaran tersebut, Lubuk Pandan dan Sungai Asam yang waktu itu masih bergabung dalam satu wilayah Nagari Pakanbaru akan berinduk kecamatan ke Pakandangan, padahal Kantor Camat dan Koramil 2x11 Enam Lingkung terletak di Lubuk Pandan. 

Alhasil, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung mekar menjadi tiga kecamatan: 

1. Kecamatan 2x11 Enam Lingkung (induk) yang terdiri dari Nagari Sicincin dan Nagari Pakanbaru (kemudian mekar jadi Nagari Lubuk Pandan dan Nagari Sungai Asam); 

2. Kecamatan 2x11 Kayutanam yang terdiri dari Nagari 
Kayutanam, Nagari Kapalo Hilalang, Nagari Guguak dan Nagari Anduriang;

3. Kecamatan Enam Lingkung yang terdiri dari Nagari Pakandangan, Nagari Koto Tinggi, Nagari Gadua, Nagari Toboh Ketek dan Nagari Parik Malintang. 

*) Anak Nagari Lubuk Pandan
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top