Semarak,Bukittinggi dan Sumbar Peringati Hari Ayam dan Telur Nasional 2022

Nasrun
0


Acara pembukaan HATN 2022 di Pelataran taman Jam Gadang (14/10)


LIPUTAN KHUSUS


BUKITTINGGI,Canangnews.com -Kota Bukittinggi dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) tahun 2022. Kegiatan itu berlangsung dari 14 Oktober sampai 16 Oktober 2022 dengan rangkaian acara, pembukaan pameran pembangunan  di Pelataran Jam Gadang, Jumat 14 Oktober 2022, serta lomba Pengolahan Pangan (ayam,telur) TP.PKK Kota dan Kabupaten se-Sumbar,Lomba Gerakan  masarakat sehat (Germas) Sabtu 14/10 dan minggunya(15/10) pemecahan Rekor Nasional Dunia MURI dengan minuman teh telur 500  gelas.

Penyerahan  bibit ayam untuk TP.PKK Bukittinggi dari Wagub Sumbar


Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, drh. Erinaldi, menjelaskan, peringatan HATN tahun 2022 ini, terdiri dari beberapa kegiatan. Seminar nasional di Unand, lomba cipta menu ayam dan telur bekerjasama dengan TP PKK Sumbar, pameran UMKM dengan 30 stand gratis, pelatihan Juru sembelih halal (Juleha) dan seminar fungsional aparatur peternakan, seminar peternak seluruh Sumbar. 


“Selain itu, juga  dilaksanakan kegiatan sajian minum teh telur 5000 gelas lebih dan direncanakan memecahkan rekor MURI,” ujarnya .


Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat yang telah mempercayakan Bukittinggi sebagai kota pelaksanaan peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional tahun 2022. Berbagai kegiatan, akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan, pada peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional tahun 2022. Pameran UMKM/TP PKK, pemberian ayam goreng sebanyak 5000 potong yang nantinya akan diberikan kepada anak sekolah dari tingkat PAUd/TK, SD dan SMP, pembagian telur asin sebanyak 1000 butir. Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Babendi bendi dan juga memberikan vitamin pada kuda bendi, senam massal dan pemecahan Museum Rekor Indonesia (MURI) minuman teh telur sebanyak 5110 gelas.

Ketua TP.PKK Sumbar Harneli Bahar meninjau Lomba pengolahan pangan ayam dan telur di Novotel Convention Center


“Dengan banyak kegiatan yang dipusatkan di Kota Bukittinggi ini, diharapkan dapat memberikan dampak yang positif terhadap geliat ekonomi Bukittinggi. Meskipun Bukittinggi jarang peternak ayam, tapi Bukittinggi menjadi salah satu pusat pemasaran ayam dan telur di Sumatera Barat. Kemudian, juga akan kita pecahkan rekor MURI. Teh Talua (Teh telur) merupakan minuman khas Minangkabau dan menjadi menu favorit,” ungkap Wako.



Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, menyampaikan, kampanye konsumsi ayam dan telur yang dikemas dalam Peringatan HATN Tahun 2022 dengan tema “Keluarga Sehat dan Cerdas dengan Mengkonsumsi Ayam dan Telur". Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi bagi masyarakat Kota Bukittinggi bahwa ayam dan telur merupakan sumber hewani yang mempunyai nilai gizi yang tinggi. 

Kata sambutan dari Wagub Audy dan Wako Erman pada Pencanangan program keluarga sehat ayam dan telur serta Juleha

“Acara ini terselenggara berkat kerja sama yang kuat dengan Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Indonesia. Bukit8tinggi dipilih sebagai tuan rumah, karena menjadi magnet pariwisata Sumbar dan nasional. Tahun ini, merupakan peringatan HATN ke 12. Dengan peringatan HATN  ini, diharapkan masyarakat lebih memahami manfaat konsumsi ayam dan telur,” ungkap Audy.


Daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani bagi manusia. Daging ayam secara umum memiliki kandungan lemak tidak jenuh, daging ayam juga memiliki tekstur daging yang kompak dan proteinnya sederhana sehingga mudah dicerna. Jika dibandingkan dengan daging ternak lain seperti daging kambing, sapi dan kerbau, harga daging ayam lebih terjangkau bagi masyarakat.

Piagam penghargaan rekor MURI -Dunia Indonesia kepada Dinas peternakan dan kesehatan hewan Sumbar

Sedangkan telur menjadi salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan, dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis unggas, seperti ayam, bebek, burung puyuh dan angsa. Telur sebagai sumber protein mempunyai banyak keunggulan antara lain, kandungan asam amino paling lengkap dibandingkan bahan makanan lain seperti ikan, daging, ayam, tahu, tempe dan lain-lain.


Audy menambahkan,orang Indonesia kebanyakan makan nasi 140 Kg kapita pertahun konsumsi beras rakyat Indonesia.


"Jangan heran kalau orang Indonesia banyak menderita diabetes,karena kebanyakan makan nasi tapi kurang protein seperti yang bisa didapat dari telor ayam dan bisa menekan stunting.


Hari Kedua Sabtu (15/10)

Penyerahan bantuan obat cacing dari Pemko Bukittinggi kepada Keluarga besar Persatuan Bendi

Kemudian keesokan harinya wagub Audy yang didampingi Kepala Dinas pendidikan Sumbar dan dinas kesahatan Kota Bukittinggi serta kadinas Pertanian Kota Bukittinggi,membuka Gerakan masyarakat sehat (Germas) senam masal di pelataran Jamgadang.Sabtu (16/10).


Dikesempatan itu Audy memberikan Door prize kepada beberapa siswa yang goyangnya paling gokil berupa Voucher Rp.250.000,ia juga berpesan kepada siswa tersebut untuk mempergunakannya untuk kebutuhan sekolah.


"Bukittinggi Ikon Hebat,khususnya hebat dalam bidang kesehatan,hebat disektor pertanian dan tentunya hebat disektor Wisata,"ungkap Linda Feroza Kadinas Kesehatan Kota Bukittinggi.


Hari Ketiga Minggu (16/10)

Penampilan Tari Piring diatas kaca dan Debus disela acara


Pada hari ketiga atau acara puncak diadakan acara  pemecahan Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI) sajian Teh talua terbanyak 5000 lebih  teh telur di Bukittinggi.Selain hadirin juga digelar serentak pembuatan dan konsumsi di SMKN 2,SMAN 1 dan SMAN 2 Bukittinggi.


Pada sambutannya Dirjen Peternakan Hewan dan Kesehatan RI dr.Ir Nasrullah mengatakan,dalam memastikan generasi emas,kata yang utama adalah asupan pangan dan gizi.


"Untuk kecerdasan yang utama disini adalah unsur protein,di Indonesia protein termurah saat ini ada pada ayam dan telur,"paparnya.


Disampaikannya,momentum untuk hari ayam dan telur yaitu,agar masyarakat bisa meningkatkan konsumsi ayam dan telur,dan agar kita mau mengkonsumsi produksi didalam negeri,terutama Sumatera Barat bisa untuk peningkatan perkapita untuk ayam dan telur.


Dipenghujung helatan acara itu dilakukan pemberian Hadiah dalam kategori Inseminator Tahun 2022

1.Rahmad Toni dari kabupaten Padang Pariaman,2.Joni dari kabupaten Solok dan 3.Mitra Dinata dari Kabupaten Pessel.


Sedangkan untuk kategori Petugas PKB peternakan 2022 diantaranya Aulia Rahman sebagai juara2 dari kabupaten Padang Pariaman dan Koko Prasetyo dari kabupaten Dhamas Raya.

Kemudian Petugas Para Medis 2022, juara 3 Lila Susanti dari Agam juara 2 Febiaman dari Pasaman Barat dan juara 1 dari Pesisir selatan.


PEWARTA  & FOTO

: Khairunas

    

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top