Ade Rizki Pratama Hadir Dalam Sosialisasi Germas dan Penanggulan Stunting di Bukittinggi

Nasrun
0




Ade Rizki Pratama yang juga politisi partai Gerindra beri penghargaan kepada DKK ,Para Guru SMA 2,Kapolsek dan Kodim Bukittinggi/Foto.KH


BUKITTINGGI,Canangnews - Anggota DPR RI  Komisi IX Ade Rizki Pratama,SE.MM gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakaf Hidup Sehat (GERMAS).Dalam upaya percepatan penangguhan Stunting di Kota Bukittinggi.diwakili oleh Poltekes Kemenkes Padang,Bertempat di Aula SMA Negeri 2 (Kweek School) Bukittinggi Rabu (26/10/2022).


"Masih terdapat ratusan anak anak yang diagnosa stunting.Pada hari ini kota Bukittinggi bisa menjadi sebuah barometer bagi Kota/Kabupaten lain untuk dapat menurunkan stunting sesinigfikan mungkin,"ujar Ade Rizki Pratama.


Dikatakannya,bahwa pada Perpres tahun 2021,bagaimana pemerintah daerah memiliki tanggung jawab yang besar untuk menurunkan angka stunting.Itulah yang menjadi raport bagi pemerintah pusat,dan menghimbsu para guru dan alumni SMA 2 berperilaku hidup sehat.


Kemudian,melalui  Dana Alokasi Khusus ( DAK),program reguler dari kementerian dan lembaga akan diberikan penghargaan oleh pemerintah pusat.


"Kita juga mengapresiasi SMA 2 Bukittinggi yang tidak hanya sebagai pusat pendidikan formal,tapi juga pusat pendidikan keagamaan.Majelis guru menerapkan kompetitif siswa dalam menyerap ilmu peningkatan dan ketaqwaan,"ucapnya.


Ade Rizki menyebutkan,terkait dengan pemberdayaan keagamaan,pihaknya membantu dana untuk jalannya wadah keagamaan,seperti Gazebo Tahfidz dengan menyumbangkan dana sebesar Rp.10 juta,bisa nantinya untuk penyediaan sound system diruang musala sekolah.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi dr. Linda Feroza menjelaskan,sosialisasi stunting itu berguna bagi masyarakat untuk selalu menjaga kesehatannya,seperti memakan makanan bergizi,memeriksakan kesehatan kesarana kesehatannya.


"Membawa balita dan ibu hamil ,anak remaja selalu makan yang bergizi 4 sehat 5 sempurna,dan cukupi gizi yang ada serta mematuhi apa yang disampaikan oleh tenags kesehatan,"ungkapnya.


Linda menambahkan, Stunting adalah terganggunya pertumbuhan dari anak akibat gizi yang kurang terpenuhi dan juga ibu hamil yang tidak melakukan pemeriksaan kesehatannya.


"Kita dari Dinas Kesehatan telah banyak melakukan program yang terkait dengan anak stunting,pemeriksaan ibu dan anak,pemberian vitamin A keseluruh pelajar SMA dan pemeriksaan ibu hamil dan penimbangan bayi di Pos Yandu,kemudian melakukan pemeriksaan air bersih dan lain-lain,"pungkasnya.


Bertindak sebagai moderator Penyuluh kesehatan Endang puspasari,nara sumber dr.Ali Pratama,dr.Nur Rina Siddiq.


Turut dihadiri undangan ,Kepala SMA 2 Bukittingggi, diwakili Yulnaidi,anggota DPRD M.M.Angga,pelajar SMA di Bukittinggi,para guru SMA 2,Camat ABTB,Lurah Belakang Balok,Kapolsek,Kodim 0304 Agam.


( Nas )

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top