Bawaslu Adakan Sosialisasi Bagi Elemen Masyarakat Yang Berada di Kota Bukittinggi

Nasrun
0

 

Foto bersama Ketua Bawaslu Bukittinggi dengan elemen masyarakat /Foto.Nas


BUKITTINGGI,Canangnews.com - Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kota Bukittinggi menggelar Sosialialisasi,Pengawasan Pemilu Legislatif dan Penanda tanganan Momorandum Of Understanding (MOU) dengan Karang taruna/organisasi kepemudaan kota  Bukittinggi di Balairung Campago Resort Hotel Bukittinggi Kamis (29/9/2022).


"Dengan kegiatan ini,kita Bawaslu pada hakikatnya ingin mengajak semua lapisan masyarakat ,baik stake holder dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama dengan Bawaslu mengawasi Pemilu Serentak pada 2024 mendatang,"ujar Ketua Bawaslu Kota Bukittinggi Ruzi Haryadi,S.ag.MH.


Menurutnya,partisipatif bersama itu diharapkan untuk dapat mencegah terjadinya pelanggaran dan sengketa yang akan terjadi pada pemilu yang sedang berjalan nantinya.


Kemudian sebutnya,bagaimana meminimalisir terjadinya pelanggaran pada tahapan pemilu itu,sehingga situasi itu bisa berjalan lancar dan tanpa ada gejolak,adil dan sukses dan punya legitimasi ditengah masyarakat.


"MOU diterapkan dengan berbagai elemen masyarakat.Kita tuangkan bagaimana bawaslu saling bekerjasama,seperti sharung data,aktifitas pengawasan dan sosialisasi tentang pemilu dan kegiatan praktis lainnya seperti pembuatan video dan Podcast ,"ulas Ruzi.


Sementara itu Asneli Warni,SH.MH,Koordinator Divisi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa yang juga sebagai nara sumber menjelaskan, kegiatan dilakukan secara rutin kepada lapisan masyarakat.


"Bagaimana pengawasan dan penanganan pelanggaran nantinya sesuai dengan UU Bawaslu Nomor 7 Tahun 2017.Tahapan pemilu sudah berlangsung ditingkat KPU RI,yaitu pendaftaran partai politik,sedangkan untuk kota/kabupaten kita mulai ditahapan verifikasi adiministrasinya,"ungkapnya.


Kedepan harapnya,sosialisasi ini bisa disebar luaskan pada masyarakat yang mewakilinya.Dengan mengadakan bentuk koordinasi dengan berbagai elemen masyarakat yang ada dan adanya jalinan nota kesepahaman.


Hadir pada sosialisasi itu nara sumber Eri Vatria serta  organisasi kemasyarakatan dari Kepemudaan,Wartawan,TP PKK,MUI, Tokoh masyarakat,Ninik mamak,Bundo kanduang serta perwakilan Universitas yang ada di Bukittinggi dan lainnya.


( Nas )

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top