Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Indragiri Hulu Penyampaian Nota Keuangan APBD Anggaran 2023

Canang Tambahan
0
Wakil Bupati Inhu Junaidi Rahmat Berasama Wakil Ketua II DPRD Inhu Suwardi Silitonga foto : Rol



INHU Canangnews.com - Wakil bupati Indragiri hulu, Junaidi Rahmat menghadiri rapat Rapat paripurna DPRD Inhu, penyampaian nota keuangan dan rancangan peraturan daerah tentang APBD anggaran Tahun 2023 yang digelar di Ruang rapat DPRD Inhu, Rabu (10/8/2022).


Rapat yang dibuka oleh wakil ketua I DPRD Inhu, Masyrullah ini dihadiri oleh wakil ketua II DPRD Inhu, Suwardi Silitonga; Plt Sekretaris DPRD Inhu, Boyke Elman Sitinjak ; Sekretaris Daerah Inhu, Hendrizal; anggota DPRD Inhu; kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhu, dan para camat se-kabupaten Inhu.

Wakil bupati Indragiri Hulu, Junaidi Rahmat yang menyampaikan pidato nota keuangan mengatakan penyusunan APBD Inhu tahun anggaran 2023 ini berpedoman pada peraturan mentri dalam negeri No 27 tahun 2021 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan da belanja daerah tahun anggaran 2022 dan peraturan mentri dalam negeri no 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah. 


Penyusunan APBD 2023 berdasarkan prinsip-prinsip sesuai kebutuhan penyelenggaraan urusan pemerintah tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan sesuai peraturan perundangan berpedoman pada RKPD, KUA, dan PPAS tepat waktu; dilakukan secara efisien, ekonomis, efektif, transparan, bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat; serta APBD merupakan dasar pemerintah daerah untuk melakukan penerimaan dan pengeluaran daerah.

Junaidi menjabarkan secara umum nota keuangan apbd keuangan Inhu tahun 2023 yaitu pendapatan daerah secara total sebesar Rp. 1,291 truliun yang bersumber dari PAD sebesar Rp. 137,66 milyar, pendapatan transfer Rp. 1,153 triliun.


Selanjutnya, belanja daerah sebesar Rp. 1,550 triliun, dengan rincian belanja operasi Rp. 1,145 triliun yang diperuntukkan belanja pegawai, belanja barang, belanja jasa, belanja hibah serta belanja bantuan sosial. Belanja modal sebesar Rp. 142,64 milyar yang secara langsung mendukung prioritas pembangunan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah, belanja tak terduga sebesar Rp. 15,65 milyar dan belanja transfer sebesar Rp. 246,88 milyar.


Sementara itu, penerimaan pembiayaan daerah rencananya sebesar Rp. 258,84 milyar yang merupakan angka perkiraan dari sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya. 


Melalui rapat ini, Wabup berharap menjadi momentum memantapkan langkah dan bersinergi mencapai pembangunan daerah yang dicita-citakan. 


Sebelum menutup Beliau juga menghimbau kepada kepala OPD untuk dapat menghadiri undangan pihak DPRD Inhu untuk membahas Rencana apbd agar tidak ada kendala dalam pembahasannya dan dapat diselesaikan secepatnya. Rapat ditutup dengan penyerahan Nota Keuangan dari Wakil Bupati kepada Wakil Ketua DPRD Inhu.(Rol)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top