Pertemuan Advokasi Peningkatan Kualitas Air Minum, Kadiskes Harapkan Ini Kepada Pengelola Depot Air Minum Isi Ulang



PARIT MALINTANG, Canangnews.com -- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, dr. H. Aspinuddin membuka pertemuan Advokasi Peningkatan Kualitas Air Minum, Kamis (04/08/2022)

Kegiatan yang digelar di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan H.Raflis Efendi, SE, MM, Kabid Kesmas Eva Trisna Murni, SKM, Sub Koordinator Kesling.

 

Sedangkan  narasumber dari DPMPTP Drs.H.Yutiardy Rivai,Apt, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Syaiful Jamal, SKM dan Labor Nasional Provinsi Sumatera Barat, peserta pertemuan adalah petugas kesling dan pengelola Depot se Kabupaten Padang Pariaman.

 

Menurut dr.H.Aspinuddin, kebutuhan vital mahluk hidup terutama manusia adalah  air. Air yang bersih dan sehat, serta layak untuk diminum tanpa mengganggu kesehatan merupakan kualifikasi yang sangat diperlukan.

Ini dikarenakan pemanfaatan air sebagai air minum secara lansung, berkaitan dengan tubuh manusia itu sendiri, sehingga perlu dijaga kualitasnya agar tidak membahayakan tubuh manusia itu sendiri.

Pengawasan menjadi pintu utama bagi pemerintah dalam memproteksi konsumen depot air minum. Namun pengawasan yang telah ditelah dilakukan belum maksimal, usaha depot air minum yang telah berdiri masih tetap melakukan aktivitasnya walaupun tidak memiliki izin industri.

Begitu banyak permasalah yang terjadi di lapangan seperti depot air  minum yang belum memiliki izin NIB, kualitas air yang belum memenuhi syarat baik secara bakteriologi, kimiawi dan secara fisik.

” Melalui pertemuan ini diharapkan akan dapat meningkatkan pengetahuan tentang kualitas air minum aman di masyarakat serta mempercepat pelaksanaan kesehatan lingkungan pilar tiga STBM tentang pengelolaan air minum serta kelengkapan administrasi yang dibutuhkan saat pengurusan perizinan NIB,” ulasnya mengakhiri.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama