Pemko Bukittinggi Kerjasama Dengan Surakarta Dalam Pengembangan Usaha Batik

Nasrun
0


Wako Bukittinggi dan Wako Solo Gibran Rakabuming saat melihat kekaguman batik Solo (Jawa)/foto,pemko Bkt.


BUKITTINGGI,Canang.news.com - Pemko Bukittinggi dan Pemko Surakarta menandatangani nota kesepakatan kerja sama pengembangan Batik,pendidikan dan pariwisata di Bale Tawangarum,kompleks Balai kota Solo Senin 18 Juli 2022.


Wali kota Bukittinggi,Erman Safar menyampaikan,kota Bukittinggi sendiri bukanlah kota batik.Namun masyarakatnya sudah menggunakan batik,dilihat dari motif motifnya,kebanyakan motif dari Jawa.Mungkin perdagangan yang membuat batik dari Jawa masuk ke Sumatera.Wako Erman Safar menyampaikan kekaguman perdagangan batik di Surakarta.


Hal itu yang menjadikan pemko Bukittinggi tertarik mengembangkan batik.Melalui nota kesepakatan itu,kedua wilayah sepakat untuk bekerjasama dalam mengembangkan batik di Bukittinggi dan akan menyiapkan sekitar 200 KK yang tinggal di Bukittinggi dan para napi di Bukittinggi untuk belajar batik,sekaligus produksi dan pemasaran.


Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan,kerjasama dengan pemko Bukittinggi tersebut hampir sama dengan kerjasama pengembangan wisata dan budaya antara Pemko Solo dan Pemko Yogyakarta.


"Kerja sama ini akan fokus ke Pariwisata,UMKM dan batik karena Walikota Bukittinggi punya produk batik sendiri dan kampung batik," sebut Raka.


( Nas/Rls )

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top