Warga Penerima Bantuan RSM Desa Monganpoula Buka Rekening Baru

Sikabaluna
0

Kepala Desa Monganpoula Menyerahkan Buku Rekening Secara Simbolis Kepada Warga Penerima Bantuan.
Foto:Wartawan/johan

Monganpoula Canangnews,Warga penerima bantuan rumah swadaya di Desa Monganpoula menandatangani buku rekening secara simbolis sebagai syarat dicairkannya anggaran untuk tahap pertama pembangunan rumah.


Penandatanganan sekaligus pembuatan buku rekening untuk 65 kepala keluarga didampingi langsung oleh pihak Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Dan Pertanahan Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai dipandu  pihak Bank Nagari Ranting Sikabaluan ditempat.

Setiap warga penerima menyerahkan foto copy kartu keluarga dan kartu tanda penduduk sebagai salah satu syarat pencairan untuk tahap pertama dimulainya progres kerja bangunan rumah swadaya masyarakat.

Berdasarkan tinjauan Canangnews dilapangan seluruh warga penerima bantuan sudah mencetak sandi tanam di lokasi masing-masing untuk persiapan ditegakkannya kerangka jadi rumah dengan ukuran 6x9 meter persegi di lahan 25x50 meter persegi yang sudah tersedia.

Salah satu penerima bantuan rumah swadaya,Samuel mengatakan tidak ada lagi persolan yang menjadi kendala dilapangan untuk saat ini hanyalah ketersediaan bahan serta tenaga sementara anggaran sudah tersedia,Ujarnya.

Ditempat yang sama Nurhayanti selaku Tenaga Fungsional di Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Dan Pertanahan Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai mengatakan,tujuan dibukaknya buku rekening penerima bantuan agar memperlancar progres pelaksanaan pembangunan yang dimulai dari perkayuan untuk pencairan tahap pertama.

"Semua ini bertujuan untuk memperlancar progres pembangunan rumah swadaya masyarakat sehingga didatangkan pihak Bank Nagari untuk melakukan pendataan sekaligus pembukaan rekening baru untuk pencairan tahap pertama,mulai dari kebutuhan perkayuan,seng,paku dan lainnya"Ungkapnya kepada Canangnews,saat dimintai keterangan di ruang rapat Kantor Desa Monganpoula Rabu 18/05/22.

Lebih lanjut dikatakan dia,sistim penggunaan anggaran hanyalah dalam bentuk non tunai untuk mengantisipasi penyimpangan dari bantuan tersebut sehingga diserahkan kesuplayer melalui Bank Nagari dalam bentuk bahan material hingga semuanya tertutupi.

"Suplayer juga memiliki tugas penting untuk mendahulukan semua kekurangan menjelang anggaran ganti uang (GU) dicairkan oleh dinas terkait" jelasnya.

Adapun sumber dana bantuan Rumah Swadaya Masyarakat Desa Monganpoula untuk 65 unit diambil dari Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus sehingga pencairannya secara bertahap.(Js) 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top