PSC 119 Papa Tangkas Gada Melayani Masyarakat 24 Jam

0


DALAM rangka menyambut hari libur lebaran dan masa mudik, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang dipimpin Bupati Suhatri Bur SE MM  didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr H Aspinuddin, TNI, Polri, Dishub dan instansi lain melakukan pemantauan pos pengamanan lebaran di beberapa titik.

 Pada setiap pos pengamanan lebaran Dinkes Padang Pariaman menyiagakan sejumlah tenaga kesehatan (nakes) dari puskesmas dan tim pemantauan untuk mengantisipasi masalah kesehatan dan emergency masa mudik lebaran. TIM kesehatan yang ditugaskan siap melayani pemeriksaan maupun pemberian obat. Apabila dibutuhkan perawatan lebih lanjut, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) juga disiagakan sebagai rujukan.

Terkait dengan hal ini, Bupati Suhatri Bur mengingatkan agar masyarakat tidak ragu menghubungi call senter 119 PSC (Public Service Centre) atau ke nomor telpon  📲081311957119 apabila mengalami atau melihat kejadian gawat darurat, baik saat mudik lebaran maupun kapan saja.

"Kami siap melayani masyarakat kapan dan di mana pun di wilayah kab.padang pariaman," ujar Kepala Dinkes Aspinuddin menambahkan.

Nomor telepon tersebut, ulas Dokter Jimmi (sapaan Aspinuddin) merupakan layanan cepat tanggap darurat Public Safety Center (PSC) 119 Papa Tangkas Gada (Padang Pariaman Tanggap Kasus Gawat Darurat).

 Layanan ini bebas pulsa dan dapat diakses oleh siapa saja meskipun tidak ber-KTP Padang Pariaman tetapi mengalami kejadian gawat darurat di wilayah Kabupaten Padang Pariaman seperti kecelakaan lalu lintas, emergency medis di rumah atau tempat kerja. PSC 119 Papa Tangkas Gada akan selalu siap melayani masyarakat 24 jam. 

"Dengan menghubungi nomor 119 (1 ex 0), masyarakat akan mendapatkan layanan kesehatan dengan cepat dan tanggap," katanya lagi.

Minggu 8 Mei 2022 merupakan puncak dari arus balik tahun ini. Selama libur lebaran jalan terpantau ramai dan lancar, Beberapa pemudik memanfaatkan pos layanan kesehatan untuk beristirahat dan memeriksakan kodisi fisiknya, dan penanganan emergency lainnya.

Kepala Dinkes Aspinuddin menyatakan apresiasi (penghargaan) dan mengucapkan terimakasih kepada semua tim medis puskesmas dan Dinas Kesehatan yang solid dan tanggap selama bertugas di pos layanan kesehatan. (*)

Penulis merupakan tenaga medis pada PSC 119 Papa Tangkas Gada


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top