Tiang Rumah Dan Jalan Mengalami Patah Pasca Gempa 6,9 Di Monganpoula

Sikabaluna
0

Tiang rumah milik seorang warga Mongapoula lari Dari Sandi
Foto:Johan/Wartawan.

Sikabaluan Canangnews,Pasca gempa bumi berkekuatan 6,9 SR dini hari ternyata memiliki efek bagi warga di desa Monganpoula tepatnya di dusun Barat jalan manuju Desa Sotboyak  mengalami rusak ringan,guncangan yang dasyat juga membuat warga keluar rumah mengantisipasi bangunan runtuh.


Goncangan yang dasyat itu juga ternyata membuat sandi rumah salah satu warga yang beralamat di jalan dusun barat jatuh dari pautan sehingga membuat badan rumah miring kesamping karena tidak seimbang,mulai dari teras rumah hingga dapur mengalami patah kaki hingga jatuh ketanah.

Tarianus warga monganpoula salah satu korban rumah lepas dari sandi mengatakan,Gempa pertama dengan kekuatan 6,9 membuat tiang penyangga rumah bergeser dari sandi disusul gempa kedua membuat tiang lari 50 cm hingga jatuh ketanah,sementara itu dirinya dan orang tuanya keluar rumah menyelamatkan diri dari bangunan runtuh.

"Hampir seluruh sandi lepas dari tiangnya sehingga rumah miring kesamping kanan,bangunan juga sudah mulai bergoyang karena paran penyangga bawah sudah ikut patah akibatnya rumah tidak layak pakai lagi" ungkapnya kepada Canangnews saat dimintai Keterangan dilokasi kejadian Senin 14/03/22.

Dilanjutkan Tari,kejadian tiang lari dari sandi sudah tidak sekali terjadi namun hal yang sama sudah pernah terjadi pada tahun 2009 saat gempa aceh tahun yang silam,ada patahan namun tidak seberapa saat itu,namun hal lebih dikhawatirkan bila adanya gempa susulan tiang akan masuk kedalam dan mengalami rubuh dibagian badan rumah juga dapur tuturnya.

Sementara ditempat lain Asrul Sani Kepala Desa Monganpoula,mengatakan kondisi rumah seperti itu bisa diatasi sendri dengan menggunakan alat pendongrak untuk mengangkat sendiri dan memasangnya di badan rumah.

"Saya pikir itu tidak sulit bisa menggunakan alat dongkrak dirumah,sendiri saja bisa dikerjakan Karena kerusakan hanya dibagian sandi saja,untuk pekerjaan bisa dilakukan besok pagi tugas kepala dusun malam untuk menghubungi setiap warga dilingkungan kerjanya" ujar dia.

Maron salah satu warga di Desa Monganpoula menjelaskan,Jika nanti dilakukan pengangkatan tiang ke sandi tentunya wajib tersedia kebutuhan seperti paku,kayu sebagai persiapan mengantisipasi adanya patahan lain,ketusnya.

Menurut pantauan Canangnews dilapangan ada dua item kerusakan namun yang cukup memperihatinkan seperti rumah salah seorang warga lari dari sandi hingga jatuh ke tanah sementara yang lain hanya jembatan gang dusun barat retak sedikit.

Adapun kerusakan pasca gempa tektonik maknitudo 6,9 SR  dimonganpoula diantaranya tiang rumah warga lari dari sandi Hingga jatuh ketanah,jembatan gang dusun barat patah sedikit namun dalam insiden tersebut tidak ada Korban.(JS)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top