Replikasi Inovasi Nagita, Bupati Solsel Kunjungi Dukcapil Ceria

Catatan Fauzi Al Azhar



DINAS
Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Disdukcapil) Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan kehormatan Bupati Solok Selatan (Solsel) H Khairunas, Senin 28 Maret 2022 siang. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja (kunker) Khairunas di Padang Pariaman. Kunker dilakukan dalam rangka memorandum of understanding (MoU) alias kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solsel serta kunjungan lapangan ke Dukcapil Ceria terkait pengelolaan layanan Nagita (Nagari Go Digital)


Pemkab Solsel di bawah kepemimpinan Bupati Khairunnas dan Wakil Bupati H Yulian Efi menunjukkan komitmen yang tinggi dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas. Sebagai bentuk komitmen tersebut, Pemkab Solsel melakukan replikasi inovasi layanan Nagita yang telah dikembangkan oleh Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman sejak Oktober 2019.



Dalam kunjungan dimaksud, Khairunnas menyambangi semua sarana pelayanan di Kantor Dukcapil Ceria. Mulai dari pengelolaan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), pengelolaan layanan pengaduan tatap muka hingga layanan pengaduan online. Selanjutnya pengelolaan ruang kerja model terkini melalui coworking space Dukcapil Ceria. Di samping itu, penataan ruang pelayanan perekaman biometrik juga menjadi bagian pengamatan Khairunnas. Yang tidak kalah penting adalah melihat langsung ruang CafĂ© Ceria dan toilet. Terkait toilet, Khairunnas memberikan apresiasi atas penataan dan kebersihan toilet yang harus menjadi referensi untuk semua sarana pelayanan publik atas kebersihan dan keapikannya. 


Terakhir adalah pengelolaan Prisma Room Dukcapil. Di ruangan ini diawali dengan pemaparan singkat oleh Kepala Disdukcapil Muhammad Fadhly terkait pengelolaan layanan Nagita, serta pengembangan inovasi dalam pelayanan Disdukcapil. 



Khairunnas mengapresiasi kinerja dan prestasi Disdukcapil Ceria yang dibuktikan dengan menyatakan secara langsung kepada Bupati Suhatri Bur agar secara khusus menugaskan Fadhly bersama tim dalam melakukan pembinaan secara intensif penerapan layanan administrasi kependudukan secara online serta pengembangan inovasi di Solok Selatan.  


“Saya minta kepada Sekda, Kepala Bappeda, dan Kepala Keuangan untuk segera melakukan kebijakan maupun pergeseran anggaran dalam rangka mendukung kebijakan ini,” ujar Khairunnas.


Agenda kunker Bupati Solsel Khairunnas di Padang Pariaman, diawali pertemuan dengan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur yang menerimanya di Kantor Bupati - Parit Malintang. Khairunnas didampingi oleh Sekretaris Daerah Solsel Dr Syamsurizaldi SIP SE MM, Kepala Bappeda, Kepala BPKD, Kepala BKPSDM, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Bagian Hukum, Kepala Bagian Umum Setdakab Solsel, dan aparatur dari tiga Pemerintahan Nagari.



Kunker ini dalam rangka MoU replika inovasi layanan Nagita serta dilanjutkan secara teknis perjanjian kerjasama antara Disdukcapil Padang Pariaman dan Disdukcapil Solsel serta antara Diskominfo Padang Pariaman dan Diskominfo Solsel. Naskah kerjasama ditandatangani oleh masing-masing kepala dinas, disaksikan oleh Bupati Padang Pariaman dan Bupati Solsel.


Sedangkan pelaksanaan replikasi dilakukan melalui penandatangan MoU antara Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan Bupati Solok Selatan Khairunnas, Senin, 28 Maret 2022 di Kantor Bupati - Parik Malintang.


Dalam agenda kegiatan ini juga dilakukan launching delapan Inovasi yang dikembangkan oleh Disdukcapil bersama mitra kerja kerja, yaitu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, Pengadilan Agama Pariaman, Bidan Praktek Mandiri, dan Pemerintah Nagari.



Inovasi tersebut adalah Pencak Silat (Pencatatan Kematian Terintegrasi Menghasilkan Data Akurat), Stop Pelakor (Solusi Jitu Up To Date Pendataan Penduduk Melalui Pelaporan Kematian oleh Wali Korong), Derita Aladin (Dengar Berita Kematian Akta Langsung Diterbitkan), Bupokari (Buku Pokok Pemakaman Nagari), Pesan Bunda (Pelayanan Istbath Nikah Berkolaborasi Untuk Data yang Akurat), Menari Bersama Bidadari (Membantu Akta Kelahiran Bersama Bidan Praktek Mandiri), Berkah Online (Kolaborasi Pelayanan Adminstrasi Kependudukan dan Pernikahan Online) dan Pelangi Kita (Peningkatan Pelayanan Terintegrasi Kartu Identitas Anak) serta penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) yang diserahkan langsung oleh Bupati Padang Pariaman.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Disdukcapil Provinsi Sumatera Barat Besri Rahmad yang diwakili Kepala Bidang Informasi dan Administrasi Kependudukan Isnandar, Ketua Pengadilan Agama Pariaman, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman beserta 17 KUA, Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Padang Pariaman,  Camat, Wali Nagari, Bidan Praktek Mandiri. (*)


Fauzi Al Azhar, kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman - editor Zakirman Tanjung


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama