Pemkab Padang Pariaman Matangkan Persiapan Safari dan Pesantren Ramadan 1443 Hijriah

0

Parit Malintang, CanangNews  – Wakil Bupati Padang Pariaman Drs Rahmang MM membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pesantren dan Safari Ramadhan Tahun 1443 H/2022 M di Aula Kantor Bupati -  Parit Malintang, Selasa (22/3/2022).


Rakor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman ini diselenggarakan Bagian Kesra Setdakab guna membahas kegiatan Safari dan Pesantren Ramadhan yang akan dilaksanakan pada bulan Ramadhan 1443 H/2022 M mendatang. Kegiatan tersebut ditujukan untuk mengisi bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat sekaligus ajang silaturrahmi.


Di bawah naungan Pemkab Padang Pariaman, Bagian Kesra berfungsi sebagai institusi yang menetapkan kebijakan terhadap program kegiatan Pesantren dan Safari Ramadhan di tingkat Kabupaten Padang Pariaman sekaligus memberikan dukungan kebijakan anggaran untuk program pelaksanaan.


Wakil Bupati (Wabup) Rahmang dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya rapat koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan keputusan yang terbaik untuk kegiatan safari dan pesantren ramadan, juga untuk pelaksanaan kegiatan keagamaan lainnya di Padang Pariaman di masa yang selanjutnya.


“Semoga apapun kendala yang kita temui di lapangan, melalui forum ini dapat kita pecahkan dan kita cari solusinya secara bersama-sama, sehingga kesulitan dan hambatan dapat kita atasi.” ujar Wabup.



Pada kesempatan itu, Plt Kasi PAI Kemenag Kabupaten Padang Pariaman Dr Rasman menyebutkan, petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan Pesantran dan Safari Ramadhan tahun 1443 H/2022 M sudah diterima, sehingga tugas selanjutnya adalah menyukseskan kegiatan tersebut sesuai dengan panduan yang sudah ada.


Menurut Rasman, Pesantren Ramadhan ini merupakan kegiatan positif yang patut menjadi perhatian karena merupakan bentuk ikhtiar yang dapat dilakukan guna memberikan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an kepada anak-anak usia sekolah yang mana selama pandemi melanda dunia, termasuk Kabupaten Padang Pariaman, pendidikan akhlak dan karakter termasuk adab dan sopan santun banyak dilupakan di kalangan pelajar.


“Kegiatan Pesantren Ramadhan ini diharapkan dapat menjemput kembali apa yang sudah tertinggal. Sehingga kegiatan pesantren ini diharapkan dapat menjemput akhlak dan adab yang terlupakan. Kita fokuskan pada pembentukan karakter dan pembinaan akhlak untuk anak-anak kita,” ujar Rasman.


Sedangkan Kabag Kesra Drs Azwarman MM memaparkan, jadwal dan tim terkait Safari Ramadhan sudah dibentuk. Pelaksanaan Safari Ramadhan diagendakan pada 6-8 April 2022 dengan total sebanyak 119 kunjungan oleh 36 tim pada masjid/mushalla yang sudah diusulkan oleh pemerintah kecamatan dan nagari.


Sementara itu, kegiatan Pesantren Ramadhan diagendakan selama lima hari yakni pada 11-16 April 2022 yang mana pesertanya adalah siswa SD/MI dan SMP/MTs sederajat se-Kabupaten Padang Pariaman.


“Namun untuk pelaksanaannya, diserahkan kebijakannya kepada sekolah. Apakah dilaksanakan di sekolah atau di masjid, ataupun di tempat lain yang relavan, itu disilahkan.” ulas Azwarman.


Kegiatan rakor yang berlangsung hikmat tersebut ditutup oleh Asisten Pemerintahan Rudi Rahmad. Pada kesempatan itu, Rudi Rahmad menegaskan kepada pihak terkait untuk dapat menindaklanjuti hasil rakor ini agar kegiatan yang sudah direncanakan dapat berjalan sebagaimana mestinya.


Rakor turut dihadiri oleh Staf Ahli, Kepala Badan/Bagian/Dinas Se-Kabupaten Padang Pariaman, Sekretaris Dinas di lingkungan Pemerintah Daerah, Camat Se-Kabupaten Padang Pariaman dan Pengawas SD dan SMP Se-Kabupaten Padang Pariaman. (IKP-K/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top