Wabup Rahmang Buka Kegiatan Bhakti Sosial Bagian Mata Fakultas Kedokteran Unand


Sungai Limau, CanangNews - Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, M.M. membuka kegiatan Bhakti Sosial operasi Katarak oleh Bagian Mata Fakultas Kedokteran (FDOK) Universitas Andalas (Unand), pada Sabtu (12/2/2022) bertempat di Puskesmas Sungai Limau Nagari Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati Rahmang mengatakan. Setiap tahunnya di Kabupaten Padang Pariaman, penderita katarak juga mengalami kenaikan. Walaupun telah banyak organisasi sosial maupun perusahaan besar, yang lebih dulu melaksanakan aksi serupa. Seperti bantuan biaya berobat dan layanan operasi gratis, namun hal itu belum menunjukkan berkurang penyakit katarak di tengah masyarakat.


"Permasalahan yang dihadapi saat ini, masih kurangnya tenaga Dokter spesialis mata. Umumnya penderita mata katarak, kemampuan ekonominya berada di level menengah ke bawah. Sehingga, mereka tidak mampu untuk membayar biaya operasi di rumah sakit maupun klinik dokter spesialis. Bahwa angka kebutaan mencapai 3 persen dari jumlah populasi dan 81 persen  kebutaan tersebut, disebabkan oleh katarak," ungkapnya.


Wabup mengatakan, permasalahan ini tentu tidak bisa ditangani sendiri oleh Pemerintah Daerah. Melainkan harus melibatkan semua pihak, dengan bergandengan tangan dan bersama-sama bergerak untuk membantu mereka yang membutuhkan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah seperti Bhakti Sosial yang dilaksanakan pada hari ini. 


Sebagaimana dilaporkan Ketua Panitia, dari hasil skrining mata yang telah dilakukan pada tanggal 5 Februari 2022 lalu, didapatkan sebanyak 144 orang menderita katarak. Yang memenuhi syarat untuk dioperasi pada hari ini, sebanyak 14 orang dan besok dilakukan operasi untuk 14 orang pasien lagi.


"Melihat tingginya minat masyarakat untuk ikut operasi katarak pada hari ini, Saya pesankan kepada teman-teman dari Bagian Mata Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Agar kegiatan Bhakti Sosial ini lebih disosialisasikan lagi ke tengah masyarakat luas. Karena, banyak masyarakat yang belum tahu dan mereka memiliki gangguan pada pengelihatan.  


Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat, Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para dokter spesialis mata dan pihak terkait lainnya yang terlibat langsung dalam kegiatan Bhakti Sosial ini. Mudah-mudahan semua yang telah diberikan, dibalas dengan pahala oleh Allah SWT dan menjadi ladang amal di akhirat kelak. Kami yakin dan percaya, kegiatan ini akan memberikan harapan baru dan menjadikan kehidupan mereka menjadi lebih baik", tutupnya.


Senada dengan itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Dr. dr. Afriwadhi M, SH.,Sp.KO, MA, dalam sambutannya. Menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, atas perhatian dan fasilitasi kegiatan pada hari ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, komunikasi dan koordinasi kita akan terjalin dengan baik dan berkelanjutan.


"Kegiatan ini disamping Bhakti Sosial, juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan upaya untuk memberikan pelatihan kompetensi bagi dokter muda. Tentunya ini memerlukan keseriusan dan temuan kasus-kasus di tengah masyarakat. Namun demikian bhakti sosial ini bukan diperuntukan bagi pelatihan, tetapi dilaksanakan sesuai dengan standarisasi akademis serta tuntutan dari tri dharma perguruan tinggi. Sehingga nantinya, dapat menaikan akreditasi dan standarisasi bagi lulusan kami", harapnya.


Oleh karenanya, terang Dekan. Diharapkan semua tokoh masyarakat, agar mau mengajak sanak saudara untuk memeriksa matanya ke Puskesmas atau klinik mata yang tersedia. Bagi masyarakat yang sudah melakukan operasi kayarak, agar mengindahkan anjuran dan saran dari dokter, hingga selesai masa perawatan pasca operasi.


Pada kesempatan itu, juga dilakukan pertukaran cendramata dan pemberian piagam penghargaan oleh Bagian Mata Fakultas Kedokeran Universitas Andalas. Dilanjutkan dengan peninjauan kegiatan Bhakti Sosial dan pelaksanaan operasi katarak oleh Wakil Bupati Padang Pariaman bersama rombongan.


Kegiatan ini, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis, S.STP,MM, Kepala Puskesmas Sungai Limau Ny. Yusnelly Erza, Ketua Dharma Wanita Persatuan Yanti Rudy Rilis, Ketua Bagian Mata FDOK Unand Dr. M. Hidayat, SPM., Kabid P2P Dinkes dr. Efriyeni, M.Kes, Camat Sungai Limau Arlis, Wali Nagari, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Masyarakat yang akan dioperasi. (R/Z)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama