Gubenur Riau Syamsuar Kunjungan Kerja Di Wilayah Kabupaten Indragiri Hulu

Rolijan
0

 

Poto Gubenur Riau Syamsuar Saat Berjalan Menuju Tempat Wisata Alam di Inhu



Canangnews.com - Gubernur Riau Syamsuar, Senin (24/01/2022) melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), tepatnya di Desa Wisata yaitu desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal.


Gubri tiba dan mendarat sekitar pukul 11.35 Wib di lapangan bola kaki Desa Siambul dengan menggunakan Helikopter dan disambut oleh Bupati Inhu yang diwakili Wakil Bupati Drs.Junaidi Rachmat M.Si yang didampingi Upika Kecamatan Batang Gansal dan sejumlah OPD.


Gubri bersama rombongan langsung melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda 4 menuju desa Rantau Langsat yang menempuh waktu sekitar 20 menit dari lapangan bola kaki desa Siambul dimana Gubri melakukan pendaratan.


Adapun rangkaian agenda kerja yang dilakukan gubernur yakni, ziarah kubur di makam tetua suku Talang Mamak yaitu orang tua dari Kepala Suku Talang Mamak Bapak Totung, selanjutnya melanjutkan perjalanan kembali menuju Dusun Lemang tempat dimana kegiatan dilangsungkan.


Tiba dilokasi, Gubri langsung disambut dengan seni budaya adat Talang Mamak yaitu seni silat penyambutan tamu agung yang diperagakan oleh dua orang yang dituakan oleh warga suku Talang Mamak.


Kemudian, agenda lainnya yaitu yang dilakukan gubernur, penyerahan beberapa bantuan seperti Al Quran, perlengkapan alat tulis, pengeras suara, jaket pelampung dan sertifikat.


Seni budaya suku Talang Mamak lainnya yang juga ikut ditampilkan yaitu tari persembahan, lempar lembing, seni gambus dan penyerahan cendera mata dari kepala suku Talang Mamak Pak Tatung kepada Gubri berupa miniatur alat musik gambus.


Pak Tatung sebagai ketua adat suku Talang Mamak dan masyarakat desa Rantau Langsat sangat bersuka cita atas kehadiran orang nomor 1 di Provinsi Riau ini. Karena menurutnya, baru pertama kali ini seorang Gubri yang langsung berkunjung ke desa Rantau Langsat sebuah desa yang terpencil yang berada wilayah TNBT.


" Saya sangat terharu dan merasa terhormat sekali karena Bapak Gubernur sudah mau hadir ke desa kami ini, yang sebelumnya belum ada seorang pejabat yang namanya gubernur yang berkunjung.


Untuk itu kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas perhatian bapak gubernur terhadap desa kami ini," ujar Pak Tatung sambil terbata.


Sementara itu Gubri Syamsuar sangat berharap terhadap desa Rantau Langsat yang menjadi desa wisata. Karena di desa ini banyak potensi-potensi wisata alam yang sangat menjanjikan, kaya akan budaya dan adat-istiadat terutama dari suku melayu tua talang mamak yang perlu dilestarikan.


" Saya berharap, Rantau Langsat yang berhasil meraih juara lll dalam lomba desa wisata se provinsi Riau pada tahun 2021 di Kabupaten Siakk, kedepan agar lebih ditingkatkan lagi dan manfaatkan serta kembangkan dengan potensi-potensi yang ada, agar para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri bisa tertarik dan bisa berkunjung ke desa ini," harapnya.


Beliau juga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari masyarakat terutama masyarakat suku melayu tua Talang Mamak yang begitu antusias untuk menyambut kehadirannya sebagai orang nomor 1 di negeri Lancang Kuning ini.


Turut mendampingi kunker Gubernur Riau, Kadis Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen, Kadis Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat, Wabup Inhu Drs.Junaidi Rachmat M.Si.


Hadir juga beberapa Kepala OPD Inhu, Camat Batang Gansal Basuki SKM, Camat Batang Cenaku Triyatno S.ST, Kapolsek Batang Gansal, Ipda Nadya Ayu Nurlia, Danramil 03/Seberida Kapten Inf PT Situmorang dan sejumlah pejabat terkait lainnya, para Kades, tokoh masyarakat, dan tokoh adat."( Reporter/ Rol )


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top