Lantik 28 Walinagari, Suhatri Bur: Keberadaan Istri Sangat Menentukan

0

Parit Malintang, CanangNews -  Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengambil sumpah jabatan dan melantik 28 dari 29 walinagari terpilih hasil pemilihan tanggal 31 Oktober 2021. Pelantikan bertempat di aula kantor bupati - Parit Malintang, Senin (13/12/2021). 


Ketika menyampaikan pidato, Suhatri Bur mengemukakan, penyelenggaraan pemilihan walinagari (pilwana) serentak di Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021 merupakan pelaksanaan pilwana serentak yang kedua kalinya setelah sebelumnya tahun 2018.


Jumlah nagari yang melakukan pilwana serentak tahun 2021 ini sebanyak  29 (dua puluh sembilan) nagari yang tersebar pada 14 (empat belas) kecamatan. Adapun Motto dari Penyelenggaraan Pilwana Serentak Tahun 2021 ini adalah “Bakampuang Badunsanak”



Pada kesempatan ini, lanjut bupati, dilantik sebanyak 28 (dua puluh delapan) walinagari, hal ini dikarenakan satu walinagari, yaitu Sunur, masa jabatan walinagari sebelumnya, 2015-2021, masih ada sampai dengan tanggal 22 Desember 2021. Dengan demikian, Walinagari Sunur terpilih masa jabatan 2021-2027 akan dilantik khusus setelah berakhirnya masa jabatan Wali Nagari sebelumnya.


"Kepada para penjabat walinagari yang telah berakhir melaksanakan tugasnya, kami ucapkan apresiasi dan terima kasih atas pengabdian Saudara terhadap Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman," kata Suhatri Bur.


Pemerintahan nagari, ulas dia, dipimpin dan dikoordinir oleh seorang pimpinan yang disebut dengan walinagari. Walinagari ini merupakan perpanjangan tangan bupati dan wakil bupati dalam rangka menyejahterakan masyarakat. Hal ini tanpa mengesampingkan unsur lainnya seperti ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya.



"Oleh karena itu saya mengajak kita semua, terutama walinagari Terpilih beserta jajarannya, untuk bekerja sungguh-sungguh, ikhlas dan rela mengabdikan dirinya demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk mewujudkan hal dimaksud, diminta kepada Saudara agar segera mempersiapkan dokumen perencanaan nagari sesuai jadwal yaitu RPJM nagari paling lambat akhir Maret 2022 (tiga bulan setelah pelantikan)," ujar bupati.


Terkait dengan penyusunan dokumen rancangan pembangunan jangka menengah (RPJM) nagari, hal yang harus menjadi perhatian Saudara adalah keseimbangan antara kegiatan pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan fisik, pengembangan ekonomi produktif melalui penetapan dan pengembangan produk unggulan nagari (one village one product) serta pembentukan dan pengembangan badan usaha milik nagari (bumnag) untuk mendukung pengembangan produk unggulan nagari.


"Kegiatan produktif yang berdampak pada peningkatan pendapatan asli nagari, yang dalam jangka panjang berdampak pada kemandirian nagari dalam sektor keuangan. Oleh karena itu, optimalisasi semua potensi, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam, termasuk pemanfaatan potensi perantau pada masing-masing nagari," katanya lagi.



Selanjutnya, Bupati Suhatri Bur berpesan kepada istri walinagari, sebagai pendamping walinagari keberadaan mereka sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab walinagari. 


"Oleh karena  itu kepada Saudari semua saya ingatkan bahwa, tinta emas sejarah telah mencatat bahwa di balik keberhasilan pemimpin besar ada perempuan-perempuan tangguh yang menyokong dan menompang keberhasilan pemimpin tersebut," tandas Suhatri Bur. 


Sesuai Keputusan Bupati Padang Pariaman Nomor 594/KEP/BPP/2021 Tanggal 1 Desember 2021, ke-29 walinagari yang dilantik hari ini adalah 


1. Sudirman, Parit Malintang

2. Ikram Dasrul Dt Sati, Pakandangan

3. Yudhi Ferianto SP, Lubuk Pandan

4. Nofri Hardi Saputra AMd, Sungai Asam

5. Hendri SE, Koto Tinggi

6. Febriwendi Firdaus SPt MSi, Sicincin



7. Hendrizal SEI, Kapalo Hilalang

8. Deri Alpendo, Gunuang Padang Alai

9. Dedi Cahyadi. Koto Dalam

10. Jolli Efriadi, Koto Baru

11. Desrial SPd, Sintuk

12. Yasman, Toboh Gadang


13. Ismael Ali AMd, Batu Kalang

14. Muskinta SKom, Lareh Nan Panjang

15. Jonifriadi, Balah Aie

16. Zaiful Yudi, Sungai Sariak

17. Afriyan, Limau Puruik

18. Muhammad Yunin, Kudu Gantiang


19. Asrul Khairi AMd, Sikucur

20. Zulhadi SPd, Campago 

21. Azirman, Malai V Suku

22. Tri Sukma SE, Gasan Gadang

23. Salman Hardani ST Dt Rajo Harimau, Kuranji Hulu

24. Janar Byen, Kuranji Hilir


25. Asrul SPd MSi, Pilubang

26. Ade Candra Saputra ST, Ulakan

27. Era Jaya SPdI, III Koto Aur Malintang Selatan

28. Amri Besman, III Koto Aur Malintang Utara

29. Efrizal, Sunur. (Siska Primadona Piliang/ZT)


Simak video Pengambilan Sumpah Jabatan 28 dari 29 Walinagari Terpilih Hasil Pemilihan Tanggal 31 Oktober 2021


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top