Kabupaten Padang Pariaman Raih Penghargaan Smart City 2021


Jakarta, CanangNews - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman kembali meraih penghargaan dalam implementasi program smart city. Kali ini menerima penghargaan sebagai peserta Gerakan Menuju 100 Smart City untuk Dimensi Smart Branding.


Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE MM yang didamping oleh Kepala Bidang Statistik dan Persandian   (Kabid SP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs Suhaili MH dalam Acara Anugerah Smart City (ASC) Tahun 2021, Selasa (14/12/2021). Penghargaan diserahkan oleh Menteri Kominfo RI Jhonny G Plate di InternatIonal Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kota Tangerang. 



Bupati Padang Pariaman saat dihubungi melalui telepon di Jakarta, mengatakan sangat berbangga dan mengucapkan syukur atas penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. “Ini menjadi kado terindah akhir tahun bagi masyarakat Padang Pariaman yang diberikan oleh Dinas Kominfo melalui prestasinya," ujannya. 


Meski demikian, lanjut dia. tidak hanya selesai dengan penghargaan ini saja dalam mewujudkan smart city di Padang Pariaman. "Kita telah menugaskan Dinas Kominfo untuk mengkoordinir seluruh perangkat daerah agar dapat melaksanakan seluruh program cerdas yang telah ditetapkan dalam masterplan smart city."



Menghadapi era revolusi industry 4.0, mau tidak mau pemerintah daerah harus dapat mengembangkan dan meningkatkan penggunaan teknologi informasi, baik dalam pelayanan pemerintah maupun pelayanan publik. "Oleh karena itu, melalui program kota cerdas ini, Padang Pariaman harus terdepan dan maju dalam penggunaan tekhnologi informasi," pinta Bupati yang lebih dikenal dengan panggilan Aciak ini. 


Dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Kominfo Zahirman S Sos MM mengatakan, penghargaan ini merupakan bagian dari  implementasi gerakan menuju smart city, di mana beberapa bulan yang lalu telah dilakukan evaluasi pelaksanaan program smart city oleh Tim Assesment Pemerintah Pusat.  Hasilnya, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dinilai mampu dan sukses merancang, membangun dan melaksanakan inovasi pada semua ketegori.smart city, terutama kategori smart branding.



a menambahkan, saat itu Padang Pariaman merupakan kabupaten yang terpilih menjadi role model untuk program 100 smart city. “Kita masuk program smart city pada tahun 2019 dan telah berhasil menyusun masterplan smart city untuk tahun 2020-2026," katanya.


Kabupaten Padang Pariaman semenjak tahun 2020 telah mengimplementasikan program kota cerdas ini di berbagai sektor, seperti inovasi di bidang pelayanan publik, pemerintahan, catatan sipil, kependudukan, kesehatan, ekonomi, UMKM, pariwisata, darurat bencana, layanan aduan masyarakat, dan lain sebagainya.



Ke depan prestasi ini diharapkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan dalam rangka mewujudkan Padang Pariaman Berjaya. "Tentunya kami pada Dinas Kominfo akan berbuat lebih banyak lagi untuk mengembangkan teknologi informasi dalam rangka mempercepat dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat," ulas mantan Kabag Humas ini. (ZK/ZT)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama