HDI ke 29, Bupati Agam Serahkan Alat Bantu Bagi Penyandang Distabilitas


 

Agam, -Bupati Agam Dr H Andri Warman menyerahkan alat bantu penyandang disabilitas melalui Program ATENSI Kementerian Sosial Republik Indonesia di aula Kantor Camat Tilatang Kamang, Kamis (2/12).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus(BRSAMPK) Kemensos RI diwakili Puti Chairida Anwar, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam Rahmi Artati, Camat Tilatang Kamang Ridwan, Walinagari Koto Tangah dan Para penerima manfaat di wilayah tersebut.

Kepala BRSAMPK Kemensos RI diwakili Puti Chairida Anwar, menyampaikan kegiatan bertujuan meningkatkan aksesabilitas atau mobilitas dan kemandirian penyandang disabilitas dalam melakukan kegiatan dasar sehingga tidak tergantung kepada orang lain, menciptakan lingkungan keluarga dan lingkungan sosial secara kondusif.

“Penyerahan bantuan alat bantu bagi disabilitas ini bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021,” jelasnya.

Setelah itu, Pihaknya juga melakukan penyerahan bantuan program Yatim Piatu (YAPI). Bantuan itu berupa alat-alat bantu disabilitas sebanyak 75 unit diperuntukan 75 orang dan uang senilai Rp200 ribu bagi yang masih bersekolah dan Rp300 ribu bagi yang belum bersekolah untuk 53 anak.

Sementara itu Bupati Agam juga mengucapkan Selamat Hari Disabilitas Internasional (HDI) ke-29 Tahun 2021, peringatan HDI betujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma negatif terhadap penyandang disabilitas dan memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

“Tujuan ini selaras dengan tema HDI tahun 2021 yakni: Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19,” ujarnya.

Untuk itu, Bupati berharap kepada penerima bantuan alat bantu ini serta Penyandang Disabilitas lainnya untuk tetap semangat menjalani kehidupan ini, percaya diri, terus bekerja keras dan bermotivasi dalam setiap bidang yang ditekuni masing-masing, agar dapat meriah kesuksesan. (AY

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama