Tim PKM Unand Bantu Kembangkan Usaha Atun dan Sambal Macang Khas Lubuk Besar Dharmasraya

Tim PKM Unand saat beri materi pengembangan usaha pangan khas Lubuk Besar kepada masyarakat

 


Dharmasraya (Canangnews) - Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu pilar dalam Tri Dharma perguruan tinggi, selain dari pendidikan dan penelitian. PKM adalah kegiatan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi guna membantu memajukan kesejahteraan masyarakat serta mencerdaskan kehidupan bangsa.


Dalam rangka hal tersebut, tim PKM Universitas Andalas (Unand) mendatangi Mitra Lubuk Besar Bersinar Nagari Lubuk Besar, Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya. Kali ini, Tim PKM Unand dipimpin oleh Ismed, S.Pt, M.Sc bersama dengan anggota Robby Jannatan, S.Si, M.Si, Ullya Mega Wahyuni, S.Kom, M. Kom. Agenda ini dibuka secara resmi oleh Dr. Ing. Uyung Gatot S. Dinata sebagai ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), bertempat di Aula Kantor Walinagari Lubuk Besar, Senin (01/11).


Kedatangan tim PKM Unand ini bertujuan untuk mengadakan lrogram berkelanjutan membantu Mitra Lubuk Besar Bersinar yang telah dilakukan sebelumnya.


Rangkaian acara pada PKM lanjutan ini diawali dengan kata sambutan dari Ismed, S.Pt, M.Sc sebagai ketua Tim Pengabdian Masyarakat Program membantu usaha berkembang. Setelahnya, sambutan dari perwakilan dari Mitra Lubuk Besar Bersinar, sambutan dari Burhanunddin selaku Wali Nagari Lubuk Besar Kecamatan Asam Jujuhan Kabupaten Dharmasraya, lalu sambutan terakhir sekaligus membuka acara secara resmi dari Dr.-Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T selaku Ketua LPPM Universitas Andalas.


Ismed, S.Pt, M.Sc selaku Ketua PKM Unand saat memberikan materi kepada masyarakat Lubuk Besar


Pada kesempatan tersebut, Ismed, S.Pt, M.Sc, menjelaskan, mengenai pembentukan dan pengurusan izin kelompok usaha pangan tradisional khas Nagari Lubuk Besar.


"Tim PKM Unand juga akan membantu dan memfasilitasi pembuatan surat izin usaha masyarakat Nagari Lubuk Besar bagi masyarakat yang mempunyai usaha, baik usaha kuliner, maupun yang lainnya," ungkap Ismed.


Materi yang kedua disampaikan oleh Robby Jannatan, S.Si, M.Si, yang menjelaskan mengenai sinergitas pengembangan potensi pariwisata dan usaha pangan tradisional khas Nagari Lubuk Besar.


Robby Jannatan menjelaskan kepada masyarakat, agar bisa lebih mengembangkan ekowisata disekitar wilayah Nagari Lubuk Besar, yang berpontensi menjadi ekowisata yang menarik guna menghadirkan banyak pengunjung ke Nagari Lubuk Besar, Dharmasraya.


Terakhir, materi diberikan oleh Ullya Mega Wahyuni, S.Kom, M. Kom, yang memberikan materi mengenai strategi pemasaran dan pembuatan website usaha pangan tradisional khas Nagari Lubuk Besar, tidak hanya itu website dan akun media sosial dari usaha masyarakat Nagari Lubuk Besar juga sudah disediakan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang dipimpin oleh Ismed, S.Pt, M.Sc.


"Tentunya hal tersebut sangat memudahkan masyarakat Nagari Lubuk Besar  untuk mendapatkan pesanan secara online," ujar Ullya Mega Wahyuni.


Setelah penyampaian materi dari beberapa dosen dari Universitas Andalas, pengambilan dokumentasi foto dan video juga dilakukan pada produk usaha pangan tradisional khas Nagari Lubuk Besar yaitu Atun dan Sambal Macang. Bertujuan untuk promosi usaha yang akan diunggah pada website dan  media sosial Usaha Masyarakat Nagari Lubuk Besar.


Setelah mengadakan Program Berkelanjutan Membantu Mitra Lubuk Besar Bersinar kali ini, Masyarakat dan tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berharap, agenda ini bisa menjadi titik awal berkembangnya usaha masyarakat dari Nagari Lubuk Besar Kecamatan Asam Jujuhan Kabupaten Dharmasraya. (MA/Arizal Zedtry)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama