Sah! Firman Joni Sandang Gelar Datuak Gamuak Suku Tanjuang

cahaya hati dewi padi
0

Pemgambilan Sumpah Datuak dilakukan Oleh Ketua KAN



PESISIR SELATAN, CANANGNEWS -- Ratusan masyarakat yang ada diberbagai kanagarian di Kabupaten Pesisir Selatan turut hadir memeriahkan acara syukuran Malewakan gelar Firman Joni Dt. Gamuak Suku Tanjung dan Rusda Lisman yang bergelar Datuak Rajo Sampono dari suku Bendang, Minggu 21 November 2021, di Kenagarian Salido Sari Bulan Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.


Alek Banamo Malewakan Penghulu dalam adat Minangkabau, yang mana ratusan anak kemenakan datang beramai-ramai dalam proses malewakan Datuak Gamuak dan Datuak Rajo Sampono dikenagarian Salido Sari Bulan.


Diangkatnya Datuak Gamuak Firman Joni dari Suku Tanjuang bersamaan dengan diangkatnya pula Rusda Lisman yang bergelar Datuak Rajo Sampono dari suku Bendang.


Kegiatan di hadiri oleh Oleh Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Camat IV Jurai, dan LKAAM Pessel, LKAAM IV Jurai, Ketua KAN Tambang, dan lain-lainnya, serta Niniak Mamak Bundo Kanduang, Suluah bendang dalam Nagari.


Sementara Datuak Gamuak Firman Joni S, sos mengatakan kepada wartawan merasa sangat terharu lantaran antusias sanak kemenakan, ditambah pula sumpah yang sempat dibacakan oleh ketua KAN Tambang sangat merasa terharu dan Merinding.


Didalam sumpah Datuak, ada ucapan "dikutuk Alqur'an 30 juz, ka ateh indak bapucuak,  ka bawah indak baurek,  ditangah-tangah digiriak kumbang," (menjadi orang yang melanggar sumpah, ibarat pohon yang mati tak berguna).


"Tidak mudah menjadi Datuak, sebab semua persoalan suku akan menjadi tanggungjawab yang besar, mulai dari tanah ulayat agama, perselisihan antara keluarga, hingga hukum. Jika itu tidak dijalankan maka dimakan sumpah, "tutupnya. (Ronal)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top