Dinas Pariwisata Sumbar dan ASTAGA Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Goa


Padang, CanangNews.com - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat menggelar acara pelatihan pemandu wisata goa selama 3 ( tiga ) hari tanggal 22 sampai 24 November 2021 di laksanakan di Hotel Kawana Padang. 



Adapun  peserta pelatihan ini berjumlah 40 orang berasal dari pokdarwis dan pengelola goa yang berada di Sumatera Barat dan dalam perekrutan pesertanya Dinas pariwisata bekerja sama dengan Asosiasi Wisata Goa Indonesia ( ASTAGA ) DPW Sumatera Barat.



Pada saat kesempatan tersebut katua DPW ASTAGA Winda Yerisef  didampingi sekretaris DPW  Ridwan, S.Hut mengatakan bahwa potensi Goa khususnya dikawasan karst yang ada di Sumatera Barat cukup banyak dan sudah ada beberapa yang di kelola sebagai objek wisata sehingga perlu menyiapkan para pemandu wisata goa yang berkualitas dalam menjamin kelestarian kawasan goa tersebut menuju pariwisata berkelanjutan dan kehadiran ASTAGA di Sumatera Barat kedepan akan menjadi kekuatan baru yang berperan sebagai mitra dalam pengembangan dan pengelolaan Wisata goa.



Penyampaian materi dilaksanakan selama 2 ( dua ) hari bersama narasumber dari akademisi, pemerintahan dan praktisi selanjutnya pada hari ketiga dilakukan praktek lapang di kawasan Goa Aie Hilang di Lubuk Alung Padang Pariaman dengan didampingi oleh narasumber Ridwan  dari sekretaris DPW ASTAGA dan Harizona Aulia Rahman yang berprofesi sebagai dosen UNP. (TJP)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama