Bupati Suhatri Bur: Aksi Perubahan Anton Wira Tanjung Layak Diapresiasi


Ketapiang, CanangNews -- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur meresmikan Program Perisai (Perikanan, Pariwisata dan Pertanian Terintegrasi) yang digagas oleh Anton Wira Tanjung, sekretaris Padang Pariaman di Nagari Katapiang - Kecamatan Batang Anai, Rabu (24/11/2021.). Anton merupakan peserta Pelatihan Kepemimpinan Adminisator (PKA) Angkatan VII Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Makassar,


Pada kesempatan itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur yang didapuk me-lounching program tersebut menyatakan sangat mengapresiasi langkah Sekretaris Dinas Perikanan ini. Ia bahkan menegaskan, kegiatan dapat menjadi contoh bagi organisasi perangkat daerah (OPD) lainya untuk berkolaborasi menuntaskan permasalahan masyarakat, seperti yang dilakukan oleh Anton Wira dengan mengintegrasikan beberapa OPD yang muaranya menjadi problem solving untuk kehidupan nelayan di Padang Pariaman. 


"Apalagi di tengah pandemi ini, semua OPD harus kreatif untuk mewujudkan Padang Pariaman berjaya, ulasnya. 



Sebelumnya,  Anton Wira Tanjung memaparkan, tujuan program ini dibuat sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan. "Seperti kita ketahui bahwasanya nelayan aktif melakukan penangkapan ikan di laut hanya efektif  antara 15 hari hingga 20 hari, sehingga tidak bisa dinafikan bahwa nelayan salah satu masyarakat berpenghasilan rendah di kabupaten Padang Pariaman, ungkap Anton dalam penjelasannya di hadapan Bupati Suhatri Bur.  



Lebih lanjut Anton Wira Tanjung menambahkan, dalam beberapa tahun ini ia mengamati kehidupan nelayan ini sehingga melakukan terobosan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat nelayan dengan program terintegrasi sehingga nelayan selama 5 hingga 10 hari berada di darat mereka dapat melaksanakan aktivitas untuk meningkatkan perekonomian seperti dengan budidaya ikan, bercocok tanam palawija dengan memanfaatkan sirkulasi air limbah ikan kolam bioflok sebagai pupuk tanaman palawija tersebut serta memanfaatkan pantai yang indah di bibir samudera ini sebagai destinasi pariwisata edukatif.



Anton Wira Tanjung pun mengulas panjang lebar tentang Aksi Perubahan PKA Angkatan VII PPSDM Makassar, Aksi perubahan ini dilakukan dengan 5 tahap milestone yang harus dilalui. Di antaranya (1) membangun tim kerja, (2) melakukan koordinasi dengan beberapa OPD terkait, (3) menganalisis permasalahan nelayan, (4) menganalisis problem solving, (5) melakukan MOU dengan stacholder pendukung, (6) membangun kawasan dengan gotong royong bersama anggota kelompok nelayan, (7) membuat wadah budidaya ikan, (8) membuat media sirkulasi aquaponik, (9) membersihkan area pantai, (10) mengundang para istri nelayan untuk membuat usaha kuliner, (11) merawat budidaya ikan dan tanaman palawija aquaponik serta (12) melakukan panen hasil aksi perubahan.


Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan panen ikan lele bioflok, sayuran organik dan peresmian Taman Wisata Edukasi Perisai, yang bertepatan dengan hari Ikan Nasional (Harkannas) Tahun 2021. (*/ZT)


Baca juga Anton Wira Tanjung ikuti PKA di PPSDM Regional Makassar, Usung Proyek Perubahan SIDATPeri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama