Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi Saat Hadiri Acara Di Sumut

 

     Foto Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi




Inhu Canangnews.com - Bupati Indragiri Hulu, Riau Rezita Meylani Yopi, menghadiri acara Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI ke Provinsi Sumatera Utara. Adapun kegiatan dalam rangka fungsi legislasi untuk mendapatkan masukan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah (HKPD).


Kegiatan ditaja oleh Kementerian Keuangan RI dan dilaksanakan di Convention 2, Hotel Santika Premiere Dyandra, Kota Medan Sumatera Utara. Senin (15/11).



"Acara berlangsung dari 3 hari, sejak, Senin (15/11) hingga Rabu (17/11/ 2021," katanya Kepala Dinas Kominfo Inhu Jawalter S di Rengat, Selasa.


Dikatakan Jawalter, pada kesempatan itu, Bupati Rezita, selain mendukung masukan dari kepala daerah lain juga menyampaikan tujuh proposal dimana dua disampaikan langsung pada pertemuan tersebut.


Yaitu, pertama, terkait belum adanya ketentuan pusat dalam pembagian hasil bagi daerah penghasil perkebunan sawit/ Crude Palm Oil (CPO). 


Di sini, Bupati Rezita mengusulkan pendistribusian kembali sebagian keluar ekspor CPO yang dipungut pemerintah pusat dalam bentuk dana bagi hasil CPO kepada daerah penghasil CPO, termasuk Inhu untuk digunakan dalam pembangunan daerah.


Kedua, terkait jenis dan objek retribusi pada pasal 88 ayat (1) RUU HKPD yang dimaksud, Bupati Rezita juga menambah kan bahwa pada RUU tersebut tidak lagi menyebutkan beberapa objek 'Retribusi Jasa Umum' yaitu retribusi pengujian kendaraan bermotor, penyediaan dan/ atau penyedotan kakus, pelayanan tera ulang, pengendalian menara telekomunikasi.


Selanjutnya, pada pasal 88 ayat (3) tidak ada lagi menyebutkan retribusi terminal dan pada pasal 88 ayat (4) tidak lagi menyebutkan retribusi izin trayek yang menjadi sumber PAD potensial bagi Inhu. Oleh karena itu, Bupati Rezita mengusulkan untuk memasukkan kategori tersebut guna mendukung terwujudnya kemandirian fiskal daerah.



Mendagri Imbau Kepala Daerah Segera Persiapkan Penyelenggaraan Pilkades Serentak 2020, Pada kesempatan itu, dari informasi yang diterima bahwa dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara, Bupati/Walikota se-Provinsi Sumatera Utara, perwakilan beberapa Kepala Daerah Provinsi Sumatera Barat dan dari Provinsi Riau, selain Bupati Inhu Rezita juga" Bupati Kuantan Sengingi dan Bupati Rokan Hilir." (Rol)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama