Launching Sergap Kakap VII, Wabup Rahmang "Dipaksa" Saksikan Silat

0

 


Guguak, CanangNews - Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman, Drs. Rahmang MM memberikan apresiasi luar biasa kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) beserta jajaran yang telah menyelenggarakan kegiatan Serentak Menggarap Kampung Keluarga Berkualitas ke-7 (Sergap Kakab VII) di Kampung KB Guguak Kencana - Korong Padang Lapai, Nagari Guguak, Kecamatan 2x11 Kayutanam.


“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Semoga nantinya kegiatan ini akan terus berlanjut agar tercipta keluarga yang lebih terencana dan berkualitas,” kata Rahmang  ketika meresmikan (launcing) kegiatan Sergap Kakab VII  di Masjid Nurul Sakinah Korong Padang Lapai, Kamis (30/9/2021). Acara ini dihadiri Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Yusnelly Erza, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Yanti Herawati, beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat setempat.


Rahmang menyebutkan pelaksanaan program sergap kakap bertujuan untuk menciptakan keluarga berkualitas serta mencapai kesejahteraan dan penyetaraan kehidupan di tengah-tengah  masyarakat.



"Saya meminta agar seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dapat melaksanakan tugas masing-masing dengan penuh tanggung jawab, sehingga masyarakat benar-benar merasakan manfaatnya,"  kata Wabup.


Ia menegaskan, pelaksanaan Program KB sangat berpengaruh terhadap semua aktivitas masyarakat seperti kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan. Oleh karena itu, sergap kakab melibatkan semua OPD terkait, instansi vertikal seperti Komando Distrik Militer (Kodim), Kepolisian, Kementerian Agama, BPJS Kesehatan dan Badan Amil Zakat.


"Guna peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat itulah program ini dilaksanakan dengan memilih korong-kosong tertinggal yang benar-benar membutuhkan kontribusi lebih," ulas Rahmang.



Mantan Kepala Dinas Pendidikan ini menambahkan, Kampung KB merupakan satuan wilayah sertingkat RW atau dusun yang memiliki kriteria tertentu, di mana terdapat keterpaduan program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana serta pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis. Dengan adanya Program Bangga Kencana menjadikan masyarakat mengerti akan program yang dilaksanakan oleh pemerintah.


Pada kesempatan itu Wabup Rahmang yang didampingi Ketua GOW Yusnelly Erza  dan Ketua DWP Yanti Herawati menyerahkan bantuan beasiswa senilai Rp.1.135.750.000 (satu milyar seratus tiga puluh lima juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) yang diberikan kepada 3.245 murid sekolah dasar ( SD) dan siswa sekolah menengah pertama (SMP).


Selain itu juga dilaksanakan penyerahan lima unit sepeda motor baru kepada penyuluh keluarga berencana (PKB) yang bertugas pada DPPKB sebagai penunjang kegiatan di lapangan.



Sergap Kakab yang digagas oleh Kepala DPPKB Kabupaten Padang Pariaman dr H Aspinuddin, Mei 2019, merupakan  program inovasi bangga kencana (pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana) sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Enam Lingkung, Batang Gasan, Sungai Geringging, V Koto Timur, Nan Sabaris dan Lubuk Alung.


Dalam laporannya, Dokter Jimmi (sapaan Aspinuddin) mengemukakan, selama sebulan menjelang launching Tim DPPKB melaksanakan sekaligus memfasilitasi OPD dan instansi vertikal terkait melakukan kegiatan intervensi seperti rehab rumah tidak layak huni, pembuatan jamban keluarga, pelayanan administrasi kependudukan, pemberian bibit tanaman dan benih ikan. Intervensi diawali dengan pendataan keluarga yang patut menerima bantuan. 



Acara ini turut dihadiri antara lain oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sumatra Barat Fatmawati ST MEng yang diwakili Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk Drs Marda Yendri, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Dr(K) H Hendri Satria AP MSi bersama Tim Mobil  Unit Pustaka Keliling, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman SP MM, Kepala Dinas Kesehatan diwakili Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) dr Jasneli MARS bersama tim medis, Camat 2x11 Kayutanam Dion Pranata SSTP bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan( Forkopinca) dan Walinagari serta Forum Duta Genre Kabupaten Padang Pariaman di bawah koordinasi Pembina Nur Octavia Syamsul STr Keb.


Berdasarkan pengamatan wartawan, hal yang yang menarik justru upacara penyambutan Wakil Bupati Padang Pariaman Drs Rahmang MM bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Yusnelly Erza, Ketua DWP Yanti Herawati, Kepala DPPKB dr Aspinuddin beserta rombongan yang berlangsung selama 18 menit 41 detik berupa penampilan beberapa sesi silat tradisional oleh para pesilat remaja putra dan putri Guguak serta tari pasambahan. (ZT)






Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top