Kemenag Kab. Solok Launching Rumah Tahfidz Darul Qur"an Nurul Hasanah

0


Solok, Canangnews.com -  Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Solok  Dr.H. Helmi yang diwakili Sesma Dewita ,S.Sos,.I.M.AP, kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren,   melaunching  rumah Tahfidz Darul Qur`an Nurul Hasanah , bertempat di Masjid Al-Kautsar Tanjug Balik X Koto Di Atas` Solok , Rabu  (15/08/21). Acara Launching ini dihadiri  Camat X Koto Di Atas  Riswandi Baharuddin, AP.s,Sos  serta unsur Forkopincam lainnya, Ka.KUA Kec.X Koto Diatas Busfi Eriyon ,M.Ag , Wali Nagari se Kec.X Koto Di Atas , Kepala Sekolah Tingkat Satuan Pendidikan  ( PAUD,SD,SLTP , SLTA ) , seluruh unsur pimpinan lembaga masyarakat , Kepala Jorong dan Orang tua santri/wati dan undangan lainnya.



Ketua Panitia H. Syamsul Bahri,S.Pd.MM selaku ketua Rumah Tahfidz menyebutkan bahwa pendirian rumah tahfidz ini bermula dari niat ikhlas dari perantau warga Padang Nurhasnah bersama keluarga dan ahli waris terkait mewakafkan sebidang tanah  seluas  914.322 m2  terletak di depan Masjid Al-Kautsar. 


Bermodalkan tanah wakaf tersebut dan dengan pertimbangan antara lain ;  (1) keinginan lahirnya para penghafal al_Qur,an di Tanjung Balik dan X Koto Diatas secara umum  (2) harus ada lembaga yang menyelenggarakan Tahfidz,(3)  ada mu,alim ( guru ) yang menjadi rujukan dan kemampuan baca al_Qur,an dengan baik dan benar sekaligus punya akhlak yang baik menjadi imam di Masjid atau Musholla  dan (4) adanya Follow up yang melahirkan generasi islami penghafal al Qur,an yang nantinya menjadi pelopor pembangunan  maka didirikanlah sebuah yayasan “ DARUL QUR,AN NURUL HASANAH “ .


Sebelumnya, pada tanggal  22 Mei 2021 lalu telah dilaksanakan peletakan pula Batu pertama oleh Gubernur Sumatera Barat H. Buya Mahyeldi Ansyarullah  bersama pejabat Kabupaten Solok dan unsur pimpinan di tingkat Nagari .



Lebih lanjut, Syamsul menyampaikan , bahwa untuk sementara waktu proses belajar santri/ wati dilaksanakan di Rumah Pendiri Yayasan Nurhasnah , dikarenakan   pembangunan secara permanen masih dalam tahap perencanaan  apalagi biaya atau anggaran pembangunannya  menunggu uluran tangan berupa infak/ wakaf dan sadaqah  dari para donatur dan para dermawan dan untuk tahap awal atau satu bulan pertama sudah terdaftar santri/ wati .



Sebanyak 38 orang santri/wati  dan 24 orang kelompok tahsin,”  dibimbing oleh ustadz Nofri Yandra,S.IQ,S.Pd bersama Ustadzah Susi Saputri,S.IQ, S.Pd. ungkap Syamsul. 



Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Kab.Solok  Dr.H. Helmi yang disampaikan  oleh Ibu Sesma  Dewita,S.Sos.I.M.AP  Kasi Dinyah dan Pondok Pesantren   dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya Rumah Tahfidz Al-Qur’an Tanjung Balik  ini, dapat membuat para generasi muda khususnya anak anak usia sekolah   dan masyarakat  mempunyai bekal yang lebih dalam membaca, menghafal Al-Qur’an, dan menjadikan al-Qur,an sebagai prilaku dalam kehidupan sehari hari.



“Alhamdulillah dan dengan rasa  syukur Rumah Tahfidz Darul Qur,an Nurul Hasanah di Tanjung Balik ini  telah resmi di launching dan semoga dalam pelaksanaan ke depannya rumah tahfidz ini dapat berjalan dengan lancar sesuai target hafalan  dan mencetak generasi alumni yang hafal Al-Qur’an,dan berakhlaqul karimah  amin,” harapnya.



Camat Kec .X Koto Di Atas Riswandi Baharuddin, AP.S,Sos  ,sangat mengapresiasi pendirian Rumah Tahfidz ini dan berharap agar dengan peluncuran Rumah Tahfiz Al-Qur’an  ini tidak hanya dimaknai sebagai seremonial semata. Namun, kata dia, dapat meningkatkan syiar islam yang menjadi bukti semangat kegiatan belajar Alqur’an di Kec.X Koto Di Atas, khususnya di Tanjung Balik. 



“Al-Qur’an merupakan pedoman, petunjuk, dan pembimbing manusia dalam menjalani kehidupan, maka dari pada itu diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga apa yang diharapkan dan yang menjadi harapan kita bersama sebagai mana yang disampaikan dalam sambutan wali Nagari Tanjung Balik, Irfan Fiktono,S.Pd  di awal acara ini  patut kita berikan apresiasi  dalam upaya menciptakan generasi muda yang Qur,ani,  sosok pemuda dan masyarakat muslim  yang mencintai Al-Qur,an dan Sunnah serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, “ ujar Riswandi Baharuddin penuh semangat sambil memberikan semangat kepada anak anak santri/wati.



Diakhir  acara , Kepala Kantor Agama bersama , Ka.KUA Kec.X Koto Di Atas Busfi Eriyon. M.ag, menyerahkan bantuan Al-Qur'an yang diterima langsung Ketua Rumah Tahfidz Syamsul Bahri,S.Pd. MM dan Pendiri Yayasan Nurhasnah.(TJP)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top