Zurmanto Akan Wujudkan Nagari Mandiri Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Wali Nagari Kapuh, Koto XI Tarusan, Zurmanto


Koto XI Tarusan, CanangNews - Wali Nagari Terpilih dalam Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Serentak di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) telah dilantik secara serentak hari Kamis (22/7/2021). Pelantikan Wali Nagari Terpilih dilakukan oleh Camat setempat sebagai perwakilan dari Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd.


Zurmanto, salah satu Wali Nagari dari Nagari Kapuh, Kecamatan Koto XI Tarusan, mengatakan pada media, Sabtu (24/7/2021) bahwa setelah dilantik akan segera mewujudkan program kerja yang ditawarkannya saat kampanye, yaitu mewujudkan nagari yang mandiri. 


"Nagari yang mandiri adalah nagari yang mampu menggali dan  memaksimalkan seluruh potensi yang ada baik potensi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA) yang kemudian dikelola untuk kesejahteraan masyarakat," kata Zurmanto.


Zurmanto mengatakan, dimasa pandemi Covid-19 saat ini, sektor ekonomi sangat terdampak sehingga peningkatan ekonomi masyarakat nagari merupakan suatu hal yang sepenuhnya harus dilakukan guna memberikan kesejahteraan pada masyarakat.


"Tahap awal yang akan dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi persoalan ekonomi, adalah pembangunan sumber daya manusia, dengan pelatihan-pelatihan yang sesuai. Tujuannya adalah agar dapat berperan aktif membantu proses percepatan peningkatan perekonomian masyarakat nagari," jelas Zurmanto. 


"Setelah itu, pengelolaan BumNag (Badan Usaha Milik Nagari) secara profesional juga menjadi salah satu kunci peningkatan ekonomi. Jika BumNag dikelola dengan baik maka hasilnya bisa menunjang kesejahteraan masyarakat," tambah Zurmanto. 


Lebih lanjut dikatakan, selain peningkatan sumber daya manusia, pengelolaan BumNag yang profesional, Nagari Kapuh juga akan memanfaatkan teknologi.


"Memajukan ekonomi nagari menggunakan teknologi pasti akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan tanpa teknologi. Sebagai contoh, dalam upaya mempromosikan potensi kekayaan nagari yang dimiliki akan semakin mudah dengan memanfaatkan internet," jelas Zurmanto.


"Namun, semua itu tidak lepas dari peran aktif dari masyarakat terutama ninik mamak, pemuda dan tokoh masyarakat. Saya berharap kita semua saling bahu membahu dalam memajukan nagari dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutupnya. (can) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama