Wabup Rahmang Buka Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen UNP


Parit Malintang, CanangNews - Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Drs Rahmang MM membuka kegiatan  Lembaga Penelitian dan Pegabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang (LP2M UNP). Acara bertempat  di Aula Kantor Bupati - Parit Malintang, Selasa (6/7/2021).


Kegiatan ini  dihadiri Sekretaris Daerah Ir H Ali Amran MP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H Anwar MSi, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Pariaman Drs Kanderi MM, Rektor UNP Prof Drs H Ganefri PhD, Ketua LP2M UNP Yuhendri MSi, Camat lubuk Alung Zarmiati SAP, Walinagari Sikabu Budi Saputro SPd,  Walinagari Salibutan Jahidir SH dan beberapa dosen UNP.



Dalam kata sambutannya, Wabup Rahmang mengemukakan,  mewakili Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menyambut baik program pengabdian untuk masyarakat yang dilaksanakan oleh para dosen UNP. "Hal ini suatu kebanggaan bagi kami karena akan menambah pengetahuan masyarakat serta untuk saling membina kerukunan."


Menurutnya, kegiatan pengabdian ini merupakan penghubung antara masyarakat dengan perguruan tinggi. Mungkin selama ini masyarakat menganggap perguruan tinggi hanya melaksanakan tugas belajar dan mengajar saja tanpa berkontribusi langsung dengan masyarakat.



"Seiring berjalanya kegiatan tersebut nantinya akan memberikan dampak yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar,yaitu dengan menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan masyarakat itu sendiri," ujar Rahmang.


Ia menambahkan, keterlibatan antara dosen dan masyarakat bukan saja menjadi kesempatan untuk belajar dari masyarakat melainkan juga memberi pembangunan diri yang aktif terhadap pengembangan serta memberikan warna baru bagi masyarakat setempat.



"Dengan adanya pengabdian dari universitas ini, masyarakat akan tahu tugas perguruan tinggi  adalah berkontribusi dalam pengabdian kepada masyarakat. Semoga kegiatan pengabdian ini diridhoi oleh Allah Subhanawata'ala  dan kami ucapkan selamat mengabdi di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, semoga pengabdian ini berguna bagi masyarakat dan kita semua," katanya lagi. 


Sebelumnya, Rektor UNP Ganefri melaporkan, kegiatan pengabdian kemasyarakat ini merupakan tugas seorang dosen yang dituntut untuk mwngembangkan ilmu pengetahuan melalui riset dan komunikasi. Dosen juga dituntut mengaplikasikan ilmu yang mereka kembangkan di kampus di tengah tengah masyarakat dalam rangka meningkatkan sumber daya masyarakat. Inilah tugas kita  sebagai dosen di perguruan tinggi.



Ganefri juga menyatakan harapan kepada bupati dan wakil bupati untuk dapat merealisasikan lokasi pengembangan Kampus UNP di Nagari Sikabu.


Acara pembukaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau naskah kesepakatan antara LP2M UNP dengan Walinagari Sikabu,dan Walinagari Salibutan. (Salman/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama