Sambut Idul Adha 51 Ekor Sapi kurba dan 11 Ekor Kambing di Sembelih Di Beringin Kuansing Riau



Canangnews.com- Momentum menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah / 2021 Masehi di Desa Beringin Taluk Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau diawali dengan menunaikan ibadah Shalat Id Idul Adha.


Tahun 1442 Hijriyah ini, sebanyak 61 ekor hewan kurban disembelih di Desa Beringin Taluk yang dilaksanakan di tiga masjid dan tiga surau atau musallah.


Pelaksanaan ibadah Shalat Id Idul Adha tahun ini kembali dilaksanakan di enam titik tempat ibadah, dimana hal ini merupakan upaya pencegahan terjadinya kerumunan khususnya di Desa Beringin Taluk, Selasa (20/07/2021) yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB hingga 08.30 WIB.


Hal ini sengaja di lakukan dengan pengaturan jarak dan diurai di sebanyak enam titik lokasi, di tiga masjid dan tiga surau atau mushallah, dengan tujuan agar tidak terjadi kerumunan warga sehingga bisa terhindar dari paparan wabah pandemi Covid 19 nantinya," jelas Kepala Desa Beringin Taluk, Bamba Rianto kepada awak media di Teluk Kuantan, pada Selasa (20/07/2021) siang.


Usai pelaksanaan ibadah Shalat Id Idul Adha 1442 Hijriyah, masyarakat Desa Beringin Taluk kembali menyelenggara kan penyembelihan sebanyak 61 hewan kurban yang terdiri dari 50 ekor sapi dan 11 ekor kambing di enam titik tempat ibadah yang ada. Dimana kegiatan tersebut dimulai sejak pukil 09.30 WIB dan dilanjutkan dengan pembagian daging kurban ke warga sampai selesai.


Adapun data hewan kurban yang dimiliki masing-masing masjid dan surau atau mushallah di Desa Beringin Taluk Kecamatan Kuantan Tengah tersebut, yakni, Masjid Syuhada Sebanyak 8 ekor Sapi Kurban dan Satu Ekor Kambing, 

  

Selanjutnya Masjid KH Umar Usman, 16 Ekor Sapi Kurban, 5 ekor, kambing Kurban, Masjid Al Hijrah 6 Ekor Sapi Kurban.


Dan Untuk Surau Nurul Iman 7 Ekor Sapi ,Surau Nurul Yakin 8 Ekor Sapi, dan Kambing 5 Ekor, Musholla Baiturrahman

5 Ekor Sapi Kurban ,Dengan Jumlah Keseluruhan 50 Ekor Sapi Kurban di Tambah Kambing Sebanyak 11 Ekor Total Keselurahan 61 Ekor, Hewan Kurban.


Demikian data yang disampaikan oleh masing-masing panitia pelaksana dari masing-masing tempat ibadah tersebut, terang Kepala Desa, Bamba Rianto yang juga merupakan mantan Anggota DPRD dimasa awal-awal Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau berdiri pasca pemekaran dari kabupaten induk, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.


Desa Beringin Taluk Kecamatan Kuantan Tengah yang memiliki jumlah kepadatan penduduk sebanyak 3.900 jiwa dari 1.400 KK tersebut, warganya akan dibagikan daging kurban secara merata, kata Bamba Rianto yang merupakan anggota DPRD Kuansing periode 2000-2004 atau periode pertama tersebut.


"Pembagian daging ini akan dijemput secara langsung oleh masing masing warga dengan jadwal yang sudah diatur oleh panitia, hal ini disesuaikan dengan peraturan protokol kesehatan (Prokes) Covid 19 yang ada, untuk menghindari kerumunan," jelas Bamba Rianto, yang juga merupakan Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kuansing.


"Di setiap kupon yang dimiliki warga sudah tertera jam pengambilan daging kurban. Mulai dari jam 13.00 - jam1.30 WIB. Jam 13.30 - jam 14.00 WIB, dan begitu seterusnya," tambah Bamba Riau lebih menjelaskan lagi.


Meskipun demikian, kata Kepala Desa Beringin Taluk itu, dirinya tetap menghimbau kepada seluruh warga masyarakatnya untuk tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes) sehingga terhindari wabah pandemi Covid-19.


"Pembagian dan pengambilan daging kurban harus sesuai dengan aturan protokol kesehatan Covid 19, harus memakai masker dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan," himbau Bamba Rianto, seraya mengakhiri percakapan.* Penulis (ayub).



Editor : Rolijan


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama