Puluhan Santri Juara Khatam Al-Quran Ikuti MTQ Tingkat TPA/MDA se-Nagari Lambah


 

AGAM, -Sebanyak 21 santri mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) antar TPA/MDA se-Nagari Lambah, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, di Masjid Jami’ Koto Marapak, Selasa (6/7).

Wali Nagari Lambah, Amril Hasan mengatakan, peserta MTQ ini merupakan para juara Khatam Al-Quran, berasal dari tiga jorong yang ada di nagari itu.

“Pelaksanaan khatam dilakukan secara berurutan disetiap jorong, sehingga telah menghasilkan qori dan qoriah terbaik untuk ikuti MTQ ini,” ujarnya.

Dengan begitu, ia berharap ini dapat memotivasi anak agar lebih giat lagi membaca Al-Qur’an, serta meningkatkan kemampuan jadi hafiz dan pemahaman terkait kandungan ayat suci Al-Qur’an.

Kepada orang tua santri, wali nagari berpesan agar mendorong anak-anaknya untuk belajar tahfiz, mengingat di Nagari Lambah sudah ada rumah tahfiz.

“Di Nagari Lambah kini sudah ada lima unit rumah tahfiz, maka kita harap para orang tua untuk mendorong anaknya belajar tahfiz agar ke depan lahir para hafiz yang akan membawa perubahan lebih baik bagi Nagari Lambah.

Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman saat membuka MTQ, mengapresiasi Nagari Lambah yang menurutnya pelaksanaan MTQ ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa, dimana pesertanya dari para juara khatam disetiap MDA di nagari itu.

“Maka kita harap ke depan anak-anak yang sudah dikhatam agar melanjutkan belajar tahfiz Al-Qur’an, karena ini sejalan dengan program Pemkab Agam,” tuturnya.

Apalagi di Nagari Lambah sudah ada rumah tahfiz, bahkan disetiap jorong. Maka ini dapat mendorong anak-anak untuk belajar tahfiz agar ke depan muncul para hafiz dan hafizah khususnya di Nagari Lambah, Kabupaten Agam pada umumnya.

Ke depan katanya, Pemkab Agam bakal mendata rumah tahfiz yang ada di Agam, serta menggelar lomba bagi para hafiz dan hafizah.

“Kita bakal upayakan bisa menganggarkan dana insentif sebagai penghargaan bagi para guru hafiz,” terangnya. (AY)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama