Peringatan HAN 2021 di Agam, Peduli Anak di Masa Pandemi Covid-19


 

Agam, -Pemerintah Kabupaten Agam melalui Forum Anak (FA) menggelar peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021. Peringatan HAN di Kabupaten Agam bertajuk menjamin pemenuhan hak anak di masa pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Perlindungan Anak Dinas Dalduk KB PP dan PA Kabupaten Agam, Asnida Wati menuturkan, peringatan HAN tahun ini dilangsungkan di Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, pada Sabtu (10/7).

Dikatakan, peringatan HAN menjadi momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen guna menjamin pemenuhan hak anak.

“Hak-hak anak itu antara lain hak atas hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” ujar Asnida Wati.

Peringatan HAN tahun ini masih dalam suasana menghadapi tantangan Pandemi Covid-19 yang berdampak kepada seluruh komponen masyarakat, termasuk anak. Dampak Covid-19 pada anak menimbulkan persoalan pengasuhan hingga meningkatnya kasus kekerasan.

“Anak menghadapi persoalan seperti pengasuhan bagi yang orangtunya terkena Covid-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar, termasuk meningkatnya kasus kekerasan dimasa pandemi dan kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja di rumah,” terangnya.

Untuk itu, tukas Asnida Wati, pada momen peringatan HAN tahun ini sengaja diangkat tema Anak Terlindungi Indonesia Maju, dengan motto Anak Peduli di Masa Pandemi.

Tema tersebut dipilih bertujuan untuk memotivasi seluruh komponen masyarakat bahwa pandemi Covid-19 jangan sampai berdampak kepada pemenuhan hak anak.

Ketua Forum Anak Kabupaten Agam, Ananda Rafi menambahkan, peringatan HAN tahun ini diselenggarakan di zona hijau Covid-19, yakni Nagari Pasia Laweh.

Dikatakan HAN merupakan ajang silaturahmi anak, kembali beraktifitas dan bermain, saling bersosialisasi dengan penerapan prokes yang ketat dan didampingi oleh ayah bunda mereka.

“Kegiatan diisi dengan sosialisasi FA, hak-hak anak dan pembacaan suara anak Kabupaten Agam tahun 2021 serta berbagai permainan tradisional seperti tarik tambang, tangkelek, lari tempurung, karet dan ular tangga raksasa, anak-anak juga dapat berenang di lokasi,” terangnya.

Peringatan HAN 2021 di Nagari Pasia Laweh dihadiri pengurus FA Kabupaten Agam, FA Kecamatan Palupuh, FA Kecamatan Baso, FA Kecamatan Ampek Angkek, FA Kecamatan Tanjung Raya, FA Kecamatan Lubuk Basung, dan FA Nagari Pasia Laweh.

“Turut hadir akademisi Universitas Andalas Prof. Erigas, mahasiswa Unand, dan santri Pondok Pesantren di Baso serta ayah bunda FA Nagari Pasia Laweh yakni Wali Nagari Pasia Laweh beserta istri,” sebutnya.

Sementara itu, Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin Dt. Parpatiah, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Agam dan Forum Anak yang tetap memperingati hari anak meski di tengah pandemi Covid-19.

“Kami melihat ini luar biasa, semangat baru setelah lama mengalami masa pandemi. HAN dilaksanakan di daerah yang mendapat predikat Nagari Tageh tingkat provinsi. Insha Allah kita terhindar dari Covid-19 dengan mengikuti prokes yang ketat,” tukasnya. (AY)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama