PODSI Pessel Tuan Rumah Puslatprov Tim Dayung Sumbar Untuk Persiapan PON Papua 2021

Tim Dayung PODSI Sumbar di Kawasan Pantai Carocok Painan


Painan, CanangNews - Tim Dayung yang tergabung dalam Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sumatera Barat (Sumbar) gencar persiapkan diri menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua Tahun 2021 dengan memusatkan latihan di kawasan Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).


Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) PODSI Pessel, Raflenofa Yulanda, SE, saat ditemui media Rabu, (30/6) menyampaikan apresiasi karena Pantai Carocok telah dipilih sebagai tempat pemusatan latihan provinsi (puslatprov) PODSI Sumbar.


"Kita sangat apresiasi terhadap pengurus PODSI Sumbar yang telah menujuk Pessel sebagai tuan rumah pelaksanaan puslatprov tim dayung PODSI Sumbar," ucapnya.


Pelaksanaan puslatprov PODSI Sumbar pada tanggal 23 Juni sampai 28 Juli di Pantai Carocok Painan tersebut merupakan salah satu bentuk semangat dan dorongan Pemerintah Daerah Pessel untuk kemajuan Olahraga Dayung di Sumbar khususnya di Pessel.


"Puslatprov tim dayung PODSI Sumbar yang dilaksanakan di pantai Carocok Painan didasari oleh pelaksanaan pertandingan dayung pada PON Papua juga akan dilaksanakan di laut," tambahnya.


Selain itu, menurut Raflenofa Yulanda, kegiatan ini dapat menjadi batu loncatan bagi atlet daerah yang nantinya yang akan berlaga ditingkat nasional atau tingkat daerah.


Sebelumnya, Kepala Bidang Bina Prestasi (Kabid Binpres) PODSI Sumbar, Esneti, menyampaikan bahwa dalam perhelatan akbar PON Papua tahun 2021, PODSI Sumbar menargetkan untuk meraih 4 medali emas. Target ini didasarkan pada saat ajang Pra PON XX di Jawa Barat tahun 2019, tim dayung Sumbar menduduki posisi 4.


“Kita tentu menargetkan 4 emas di PON Papua nanti. Ada dua atlet dayung kita yang meraih medali pada kejurnas di Waduk Cipule, Karawang di nomor kayak single,” ujar Esneti.


Berdasarkan targetan tersebut, tim dayung Sumbar melakukan pelatihan secara progresif walaupun saat ini masih masa pandemi Covid-19. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah tes mandiri pada Oktober lalu untuk mengukur kesiapan para pedayung di masing-masing nomor.


Esneti mengatakan, tim dayung yang telah disiapkan untuk PON Papua sebanyak 45 atlit tersebut, saat ini sudah benar-benar siap bertanding.


“Kita tim dayung sudah sangat siap. Kalau sekarang kita ada sekitar 45 atlit yang melaksanakan TC dinomor kano / kayak dan perahu naga. Kita ikut semua nomor. Nanti kita akan mendatangkan pelatih Pelatnas untuk melatih atlit kita, " jelasnya. (can)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama