Pemuda Pelajar Lubuk Tarok Inisiasi Pembangunan Galeri dan Festival Kerajaan Jambu Lipo

Sijunjung, Canangnews.com - Program Pembangunan Galeri dan Festival Kerajaan Jambu Lipo di gagas dalam suatu pertemuan khusus di Rumah Gadang Rajo Tigo Selo Kerajaan Jambu Lipo Nagari Lubuk Tarok hari Minggu (06/06/ 2021)


Pertemuan itu dihadiri oleh beberapa instansi provinsi Sumatra Barat, Dinas Parpora Sijunjung, Kepala Sekretariat BP Geopark Silokek/Ketua DPC MASATA Sijunjung, serta anggota Geopark Youth Forum dan nampak pula Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud Sijunjung, Adha Noorfedy.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Raja Jambu Lipo, Bagindo Tan Ameh, ninik mamak, tokoh masyarakat serta pemerintahan nagari  Lubuk Tarok.



Pertemuan itu bertujuan untuk menyusun program pembangunan Galeri dan Festival Kerajaam Jambu Lipo yang di inisiasi oleh para pemuda dan pelajar di Nagari Lubuk Tarok. Diantara tokoh pemuda tersebut antara lain adalah anak dari Raja Jambu Lipo, Sultan Kurnia.



Pembangunan Galeri di awali dengan pemasangan papan nama oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Sijunjung, Afrineldi, SH dan selanjutnya akan dilakukan penataan ruangan. Adapun acara Festival Kerajaan Jambu Lipo direncanakan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli Tahun 2021 ini.


Ketika dihubungi melalui WhatsApp, Ridwan, selaku ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Sijunjung lebih jauh menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan pembangunan Galeri dan Festival Kerajaan Jambu Lipo ini adalah untuk melestarikan sejarah kerajaan dan sekaligus menjadi media edukasi bagi para generasi penerus dalam mengenal dan melestarikan warisan budaya yang ada di Sijunjung. 


Lebih lanjut dalam kesempatan tersebut, Ridwan yang menjabat sebagai Kepala Sekretariat Badan Pengelola Geopark Ranah Minang Silokek dan juga sebagai Ketua DPC MASATA Sijunjung  mendukung terhadap rencana pembangunan Galeri dan Festival Kerajaan Jambu Lipo.

"Kegiatan ini akan memperkaya keragaman budaya di kawasan Geopark dan bisa menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri." pungkasnya.(TJP)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama