Demi Mewujudkan Masyarakat Sadar Adminduk,TP PKK Padang Pariaman Sosialisasikan GISA

0


Sikabu, CanangNews – Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Padang Pariaman Yusnelly Erza melakukan Sosialisasi Program Sadar Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Dasawisma Melati 12, Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Jumat (4/6/2021).

 

Dalam kesempatan itu, Yusnelly yang juga Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Padang Pariaman mengemukakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan sinegritas dan kolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

 


"Kami mengajak semua pihak, termasuk Kader PKK di nagari yang menjadi garda terdepan agar bersama-sama mewujudkan masyarakat yang sadar adminduk melalui Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). Fokus GISA meliputi empat hal, yaitu sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan dan sadar melayani administrasi kependudukan," ujarnya.

 

Dengan sosialisasi GISA kepada perangkat nagari dan kader PKK Melati 12, lanjut dia, diharapkan dapat mewujudkan keempat hal yang menjadi fokus GISA tersebut demi membahagiakan masyarakat.

 


Sebelumnya, Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman menyebutkan, perangkat nagari dan kader PKK merupakan ujung tombak dalam menyukseskanGISA serta mitra kerja dan perpanjangan tangan alias penyambung lidah Disdukcapil karena mereka berhadapan langsung dengan masyarakat. Oleh sebab itu, peranan unsur pemuka masyarakat sangat penting bagi kelancaran pelayanan yang dilaksanakan oleh Disdukcapil dalam memudahkan masyarakat mendapatkan haknya berupa dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

 

"Sebagai garda terdepan, perangkat nagari perlu mengetahui kebijakan-kebijakan terbaru tentang pelayanan adminduk yang mempermudah masyarakat seperti penyederhanaan persyaratan, pelayanan berbasis daring dan penggunaan QR Code sebagai tanda tangan pada dokumen kependudukan. Diharapkan untuk tahun berikutnya kegiatan Sosialisasi GISA ini dapat diadakan dengan mengundang seluruh perangkat nagari yang ada di Kabupaten Padang Pariaman sehingga Program Nasional GISA dapat berjalan dengan cepat dan lancar," katanya mengakhiri. (R/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top